BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Pendidikan Kota Bogor melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menyelenggarakan Pelatihan Inklusi bagi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PAUD, dihadiri oleh 100 peserta dari perwakilan setiap lembaga PAUD di Kota Bogor, bertempat di Hotel Rizen Padjajaran. 

Kegiatan ini, untuk mendorong potensi dan mewujudkan lingkungan pendidikan PAUD yang ramah bagi anak berkebutuhan khusus di Kota Bogor

Kegiatan ini dilatarbelakangi karena adanya perbedaan dari setiap anak, sehingga perbedaan inilah yang menjadi suatu keistimewaan untuk seorang anak memiliki potensi. Maka dari itu, sudah seharusnya setiap lembaga khusunya PAUD bisa memberikan wadah dan kesempatan untuk peserta didik yang istimewa ini dalam mengenyam pendidikan yang aman dan nyaman.

Baca Juga : Kejagung Sita Pesawat, Helikopter Hingga Kapal Perusahaan di Kasus Ekspor Minyak Sawit Mentah

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Euis Rochayati mengungkapkan, sebagai tenaga pendidik harus bisa mengenali anak-anak berkebutuhan khusus dan memberikan ruang yang sama tanpa adanya diskriminasi dan keberpihakan.


"Kegiatan ini perlu karena ada beberapa anak berkebutuhan khusus disetiap sekolah, sebagai tenaga pendidik harus bisa menangani anak berkebutuhan khusus. Maka, perlu membekali ibu atau bapak sebagai pendidik yang setiap harinya berinteraksi langsung dengan anak-anak. Kita juga harus bisa menyediakan sarana dan memperhatikan kondisi di lapangan untuk menggali potensi dari anak-anak berkebutuhan khusus," ujarnya.

Hadir sebagai Narasumber, Kapokja Data, Perencanaan dan Penjaminan Mutu Direktorat PAUD Mareta Wahyuni memaparkan, materi mengenai mekanisme PAUD berkualitas dan indikator layanan esensial sekaligus sosialisasi SINGLUJAR untuk para lembaga PAUD dan TK untuk menggapai mutu yang berinklusi. 

"Mendukung pertumbuhan otak anak yang pesat pada usia ini, perlu tersedianya layanan PAUD yang berkualitas. PAUD berkualitas berisi kegiatan bermain-belajar dan layanan lain yang memberikan stimulasi psikososial dan tumbuh kembang anak," tuturnya.

Dengan adanya layanan PAUD berkualitas diharapkan, bisa menciptakan lingkungan 
aman dan nyaman untuk peserta didik, khususnya peserta didik berkebutuhan khusus agar dapat belajar, bermain dan berinteraksi dengan teman sebayanya, serta menggali potensi sesuai dengan kemampuannya.