BOGOR, CEKLISSATU - Setelah salat Iduladha, saya teringat bagaimana waktu itu saya menunaikan ibadah haji. Memang, ibadah haji adalah panggilan hati. Dan di sana bukan saja untuk ibadah, tetapi untuk merasakan perjuanhan para Nabi dan Rosul kita dalam menyebarkan kebaikan melalui agama islam. 

Panasnya tanah Mekkah saat itu pastinya tidak sebanding dengan kondisi Mekkah saat Nabi Ibrahim berjuang. Rasanya malu bagi saya bila hanya bisa mengeluh. Justru saya mendoakan Nabi Ibrahim dan memohon ampun kepada Allah SWT karena ternyata manusia itu Hamba Allah SWT yang bukan siapa siapa. 

Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah. Terus saya ucapkan sambil meneteskan air mata saat itu. Apalagi, saat harus kembali mengingat bagaimana perjuangan Nabi Ibrahim dan juga harus mengikhlaskan buah hatinya yakni Nabi Ismail yang harus dikurbankan untuk Allah SWT. Ya Allah. MasyaAllah. Orang tua mana yang tega. Orang tua mana yang ikhlas. Apalagi, Nabi Ismail adalah putra yang sudah ditunggu-tunggu. Namun berkat keimanan dan kecintaan Nabi Ibrahim serta ketulusan Nabi Ismail, ujian itu dijalankan dan berkat kehebatan Allah SWT, Nabi Ismail yang sangat soleh digantikan oleh Hewan Kurban dan menjadi salah satu ibadah yang setiap tahun Umat Muslim di dunia laksanakan. MasyaAllah. 

Baca Juga : Idul Adha 1445 Hijriah, Berkurban Memupuk Keimanan dan Kecintaan kepada Allah SWT

Untuk itu, saya juga ingin berikhtiar, ingin berjuang untuk Bumi Tegar Beriman. InsyaAllah restu politik sudah di tangan, dan perjuangan terus kami lakukan. 

Saya pernah kalah, pernah merasakan bagaimana kekalahan itu. Tapi tampaknya saya malu bila berhenti berjuang. Untuk itu, izinkan saya mengamalkan perjuangan Nabi Ibrahim, yakni berjuang berbuat baik untuk Bumi Tegar Beriman. 

Semoga, Allah SWT selalu mengiringi perjuangan saya dan bisa memimpin Kabupaten Bogor tahun 2024-2029. Bismillahirrohmanirrohim. 

Untuk seluruh Warga Kabupaten Bogor, selamat merayakan hari raya Iduladha, selama mengamalkan rasa ikhlas dan semoga kita bisa semakin dekat dengan Allah SWT. Aamiin. 


Wassalam,


H. Ade Ruhandi
(Jaro Ade)
Calon Bupati Bogor 2024-2029