BOGOR, CEKLISSATU – Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, akan ada kegiatan Pawai Satu Juta Obor di kawasan Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Sabtu (6/7/2024).

Informasi tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi @satlantaspolresbogor.tmc, pada Jumat (5/7/2024).

Pada unggahan tersebut diumumkan acara aksi Pawai Satu Juta Obor di Jalur Utama Puncak, pada Sabtu (6/7/2024) sekitar pukul 17.00 hingga selesai.

Pihak kepolisian mengimbau masyarakat yang akan menuju kawasan Puncak, Cianjur dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternative Jonggol dan Sukabumi.

Baca Juga : Pemkab Bogor Tata Pedagang Kawasan Puncak Masuk Rest Area Gunung Mas

“Sehubungan dengan adanya aksi Pawai Satu Juta Obor di jalur utama Puncak dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H Hari Sabtu 6 Juli 2024 pukul 17.00 s/d selesai. Kepada pengguna jalan yang akan mengarah ke Cianjur/Bandung agar menggunakan jalur alternatif Sukabumi Jonggol untuk menghindari kepadatan lalu lintas,” tulis unggahan tersebut.

Kepolisian juga menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap sejak Jumat (5/7/2024) hingga Minggu (7/7/2024). Peraturan dan waktu penerapan ganjil genap masih sama seperti sebelumnya. 

Kendaraan yang hendak melintasi Puncak Bogor diharapkan menyelaraskan pelat nomor ganjil atau genap pada tanggal di kalender. 

Penentuan ganjil genap itu merujuk pada angka terakhir nomor polisi kendaraan.

Selain ganjil genap, pihaknya juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di sepanjang jalur wisata Puncak Bogor

Tetapi, sistem one way itu akan diterapkan secara kondisional, melihat kondisi di lapangan.