STUTTGART, CEKLISSATU - Melalui pertarungan yang melelahkan, akhirnya La Furia Roja -julukan Timnas Spanyol- berhasil tembus ke babak semifinal. Mereka memastikan kemenangan usai bertarung sengit hingga babak tambahan waktu.

Laga yang digelar di Stuttgart Arena sejak Jumat 5 Juli 2024 malam WIB berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol. Dua gol Spanyol dicetak oleh Dani Olmo (51’) dan juga Mikel Merino (119’).

Di babak semifinal Euro 2024, Spanyol masih menanti lawannya. Mereka akan menghadapi pemenang laga yang akan mempertemukan Portugal atau Prancis pada Sabtu (6/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Sejak menit- menit awal Spanyol sudah tebar ancaman berbahaya lewat aksi Rodro. Dia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah tepat ke gawang Jerman. Tetapi, bola masih bisa ditangkap oleh Maunel Neuer.

Sayang petaka datang pada menit ke tujuh untuk pemain muda Spanyol, Pedri. Dia sudah harus meninggalkan lapangan karena mengalami cedera di kakinya usai bertabrakan dengan Toni Kroos. Tak bisa melanjutkan laga, peran Pedri pun digantikan Olmo.

Baik Spanyol maupun Jerman saling melakukan serangan. Tapi sayang hingga akhir laga, tak ada gol yang tercipta. Alhasil, skor kacamata alias 0-0 terus terjaga hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

Memasuki babak  kedua, Spanyol masih tampil menyerang.  Alvaro Morata pun nyaris membuka keunggulan pada menit ke-47 andai bola sepakannya tak ditepis Manuel Neuer.

Usaha Spanyol akhirnya berbuah manis. Pada menit ke-51, Dani Olmo mencatatkan namanya di papan skor. Dia berhasil mencetak gol usai memanfaatkan umpan ciamik dari Lamine Yamal dari sisi kiri gawang Jerman.
Bola kemudian disambar Olmo dengan tendangan keras yang tak bisa dihalau Manuel Neuer. Spanyol unggul 1-0.

Ketinggalam 0-1,  Jerman langsung merespon.  Sejumlah pergantian pemain dilakukan, salah satunya menarik Ilkay Gundogan dan menggantinya dengan Niclas Fulkrug. Tetapi, Jerman tetap masih kesulitan menjebol gawang Spanyol karena solidnya pemain di lini pertahanan lawan.

Jelang akhir laga, Jerman memberi kejutan kepada Spanyol. Tepatnya pada menit ke-89, Florian Wirtz berhasil menjebol gawang Spanyol usai bola tendangannya memantul dari tiang dan kemudian bersarang ke gawang. Skor imbang 1-1 terjaga hingga akhir laga babak kedua membuat pertandingan harus berlanjut ke extra time atau babak tambahan waktu

Jerman tampak tampil lebih pede usai berhasil menyamakan kedudukan dengan Spanyol. Mereka lebih intens menebar serangan ke gawang Spanyol kini.

Hasilnya mereka membuka peluang emas  pada menit ke-101. Tetapi, Unai Simon tampil benar-benar apik sehingga bisa melakukan serangkaian penyelamatan yang ciamik.

Jelang akhir laga babak tambahan waktu, Spanyol yang terus ditekan berhasil menyerang balik Jerman dengan ciamik. Tepatnya pada menit ke-118, sundulan Merino gagal dihalau Manuel Neuer. Spanyol pun unggul kembali 2-1. Skor ini bertahan hingga akhir laga.