BOGOR, CEKLISSATU - Tata kawasan Puncak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan siapkan Penerangan Jalan Umum (PJU).

Sebanyak 341 titik akan disiapkan PJU di Kawasan Puncak, mulai dari Gadog hingga Warpat.

Plh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Mustakim mengatakan, PJU yang sudah aktif menyala baru 214 titik.

Baca Juga : Soal  Penataan Kawasan Puncak, Pj Bupati Bogor Sampaikan Ini ke Kementerian PUPR

"Kemarin kita sudah lakukan perawatan terhadap 50 PJU yang belum meyala. Hari ini akan ditambah 50 PJU lagi yang akan kita perbaiki," jelas Mustakim, Kamis 4 Juli 2024.

Mustakim menambahkan PJU untuk di Rest Area Gunung Mas, ada delapan titik yang sudah dibangun kolaborasi dengan PT Sayaga Wisata.

Selain menyediakan PJU, lanjut dia, pihaknya dengan PT Sayaga Wisata tengah berupaya melengkapi fasilitas di Rest Area Gunung Mas Puncak.

Baca Juga : Pedagang Kawasan Puncak Bogor Siap Dipindahkan ke Rest Area Gunung Mas, Minta Dipromosikan

Seperti perlengkapan mulai dari barier, cone, penunjuk arah dan lainnya sedang dipersiapkan, termasuk penambahan lahan parkiran.

“Akan segera kita lengkapi, untuk kenyamanan dan optimalisasi Kawasan Puncak ini,” tuturnya.

Menurutnya, pemberlakuan satu arah atau one way akan akan dipusatkan di titik depan rest area dan sudah dikoordinasikan dengan pihak Polres Bogor

Baca Juga : Rest Area Puncak Gunung Mas Mulai Ramai Dikunjungi Masyarakat, Dilengkapi Fasilitas Kios Makanan hingga Masjid

Agar para pengendara bisa masuk ke rest area untuk menunggu pemberlakuan one way.

“Alhamdulillah, dari Polres Bogor merespon baik dan sangat membantu, untuk penerapannya sedang kita analisa dan evaluasi kebutuhan-kebutuhannya,” jelas Mustakim.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda PT Sayaga Wisata, Supriadi Jupri menyampaikan, bahwa Rest Area Gunung Mas memiliki luas tujuh hektare terdapat 510 kios yang terdiri dari pedagang kering dan basah.

Baca Juga : Pj Bupati Bogor: Gratis Biaya Retibusi untuk Pedagang di Rest Area Gunung Mas Puncak

“Untuk optimalisasi pemanfaatan dan penataannya kita lakukan secara kolaborasi dengan Pemkab Bogor, untuk melengkapi yang kebutuhan kenyamanan keamanan rest area ini,” kata dia.