JAKARTA, CEKLISSATU – Kabar terbaru dari Jemaah haji Indonesia. Proses pemulangan Jemaah masih terus berjalan. Sampai 4 Juli 2024 pukul 21.00 WAS Jemaah haji dan petugas yang sudah diterbangkan ke Tanah Air mencapai 93.614 jemaah yang tergabung dalam 238 kelompok terbang (Kloter).

Menyampaikan informasi tersebut, Anggota Media Center Kementerian Agama (Kemenag), Widi Dwinanda mengatakan, dengan berakhirnya pemulangan fase pertama, proses pemulangan Jemaah haji Gelombang II dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis Madinah dimulai bertahap.

“Jemaah kloter 10 Embarkasi Palembang (PLM-10) menjadi rombongan perdana yang diberangkatkan dari Bandara AMAA Madinah. Sebanyak 443 jemaah PLM 01 diberangkatkan dengan 11 bus dari hotel menuju Bandara Madinah,” ungkapnya.

Baca Juga : Hari Ini Ada Giat Pawai Obor di Jalur Puncak Bogor, Hindari Kepadatan Arus Lalu Lintas

Kemudian PPIH kembali mengingatkan Jemaah haji Indonesia selama di Madinah khususnya ketika di Masjid Nabawi agar mematuhi ketentuan yang ditetapkan otoritas Saudi.

Khususnya oleh petugas yang bersiaga dan mengatur pergerakan serta flow Jemaah di Masjid Nabawi.

“Upaya yang dilakukan aparat tersebut tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan teknis agar proses beribadah jamaah di masjid tertib dan berjalan lancer,” terangnya. 

“Terlebih suasana masjid akan padat pada waktu-waktu salat lima waktu,” tambahnya.

Baca Juga : Alhamdulillah, 440 Jemaah Haji Asal Kota Bogor Tiba di Tanah Air

Berdasarkan edaran Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, layanan bus shalawat dari hotel ke Masjidil Haram berhenti sementara mulai pukul 09.00 WAS. 

“Bus hanya mengantar jamaah dari Masjidil Haram ke hotel. Layanan bus shalawat akan kembali beroperasi setelah salat Jumat di Masjidil Haram pukul 14.00 WAS,” jelasnya.

“Karenanya, jemaah yang hendak salat Jumat di Masjidil Haram, agar menyesuaikan dengan edaran yang diterbitkan PPIH tersebut,” tutupnya.