JAKARTA, CEKLISSATU - Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim, menerima penghargaan Kota Terbaik Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) secara langsung pada acara Rakornas P2DD di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta pada hari Selasa, 3 Oktober 2023, pagi. Kota Bogor menerima penghargaan ini bersama dengan Kota Tebing Tinggi, Kota Tarakan, Kota Makassar, dan Kota Jayapura.


Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur BI Perry Warjiyo. Penghargaan ini diberikan kepada provinsi, kota, kabupaten, program P2DD, dan Bank Pembangunan Daerah terbaik.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Ketua Satgas TP2DD, Airlangga Hartanto, menekankan pentingnya sinergi antara berbagai inovasi, inisiatif baru, dan penguatan kebijakan di berbagai Kementerian dan Lembaga selama tahun 2022-2023 untuk mendukung kebijakan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah. Saat ini, menurut Airlangga, tingkat digitalisasi pemerintah daerah telah meningkat sebesar 6,1% dari 67,5% pada semester II-2022 menjadi 73,6% pada semester III-2022.


"Dalam hal penyebaran capaian, Sumatera memiliki 133 pemerintah daerah dengan tingkat digitalisasi sebesar 81,1%, Jawa memiliki 118 pemerintah daerah atau 99,2%, Kalimantan memiliki 32 pemerintah daerah atau 52%, Bali dan Nusa Tenggara memiliki 26 pemerintah daerah atau 51,9%, dan Sulawesi dan Maluku memiliki 90 pemerintah daerah atau 58,4%. Pemerintah optimis bahwa target 75% dapat tercapai," tegas Airlangga.


Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim, berharap agar semua transaksi keuangan di masa depan dilakukan secara non tunai, baik dalam penerimaan maupun pengeluaran.


Menurutnya, ini akan lebih efisien dan memungkinkan aliran serta tujuan transaksi terlihat lebih transparan dan akurat, sehingga dapat mengurangi risiko penyimpangan.


Daftar penerima penghargaan TP2DD berdasarkan Provinsi terbaik tahun 2023 adalah Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat. Sementara itu, Kota Bogor, Tebing Tinggi, Tarakan, dan Kota Jayapura meraih penghargaan sebagai Kota terbaik.


Kategori Kabupaten terbaik diraih oleh Kabupaten Kampar, Ciamis, Kutai Kartanegara, Bone Bolango, dan Manokwari. Sedangkan Bank DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai BPD terbaik tahun 2023.


Pada tahun 2023, Sulawesi Selatan berhasil meraih penghargaan kategori program unggulan terbaik dari P2DD dengan program Sulsel In Your Hand. Selain itu, Makasar juga mendapatkan penghargaan dengan program Sombere & Smart City, sedangkan Kutai Kartanegara meraih penghargaan dengan program Si Pajol Betijak.