BOGOR, CEKLISSATU -- Guna menciptakan kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri, maka praktik mahasiswa di perusahaan menjadi sebuah langkah strategis yang semakin diakui nilainya. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Pembekalan Peserta Magang atau Praktik mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Visi Nusantara (ITB Vinus) Bogor, pada Sabtu (18/5/2024) di Kampus ITB Vinus Bogor.

Rektor ITB Vinus Bogor, Daniel Zuchron mengatakan bahwa program magang atau praktik ini tidak hanya memberikan manfaat bagi ITB Vinus Bogor,  tetapi juga memberikan nilai tambah bagi Perusahaan mitra.

"Karena sesungguhnya kemitraan antara Pendidikan Tinggi termasuk ITB Vinus Bogor dengan perusahaan menjadi fondasi bagi pembentukan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing tinggi di masa depan," ungkapnya.

Baca Juga : Sugeng Raharjo Berikan Kuliah Umum Entrepreneur di ITB Vinus Bogor 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan  ITB Vinus Bogor, Arsyad mengatakan program magang atau praktik ini berdasarkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) ITB Vinus Bogor, dengan bobot sebanyak 4 sks. Program magang atau praktik ini didesain untuk bisa mengantarkan lulusan ITB Vinus Bogor memiliki keterampilan interpersonal (interpersonal skill).

"Yaitu kemampuan dalam berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang sekitar melalui kemampuan kepemimpinan yang kuat (Strong leadership); membangun sinergitas (synergy); dan kemampuan menciptakan kebersamaan sosial dan tanggung jawab sosial (socio-cohesiveness and social responsibility)," terangnya.

Senada, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Sistem Informasi Kampus ITB Vinus Bogor, Wahyu Bagja Sulfemi mengatakan, tujuan program magang atau praktik ini adalah untuk memberikan pengalaman empiris kepada mahasiswa mengenai dunia kerja yang terkait erat dengan program studi ITB Vinus Bogor dan juga untuk meningkatkan kualitas lulusan agar memiliki daya saing dan lebih siap memasuki dunia kerja

Baca Juga : Memantik Semangat Kepahlawanan Kelompok Muda, DPK GMNI ITB VINUS Bogor Gelar Forum Diskusi Kritik 

"Untuk itu, agar mahasiswa siap mengikuti program magang atau praktik, maka diberikan pembekalan yang difokuskan untuk penguatan pada sejumlah aspek, yaitu (1) Elemen dasar pemahaman budaya. (2) Wawasan terkait kecakapan berpikir level tinggi (high order thinking skill) yang harus dimiliki oleh mahasiswa, dan (3) Teknik pelaksanaan  dan pelaporan Magang/Praktik," bebernya.

Melalui pembekalan dan kompetensi yang dimiliki mahasiswa ITB Vinus Bogor, diharapkan menunjukkan kinerja yang impresif selama masa magang atau praktik, sehingga tidak menutup kemungkinan mendapatkan tawaran pekerjaan tetap setelah menyelesaikan program magang atau praktik ini.