BOGOR, CEKLISSATU – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyerahkan proses lanjutan penanganan pegawai KPK gadungan berinisial YS ke Polres Bogor. Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menyebutkan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu hasil pendalaman Polres Bogor.

“Sekarang masih di Polres. Karena dari KPK dilimpahkan ke Polres, saya juga masih menunggu hasil pendalaman di Polres,” ungkap Asmawa Tosepu kepada wartawan, Jumat (26/7/2024).

Saat ditanya apakah benar ada kepala dinas yang turut diamankan oleh KPK. Asmawa Tosepu mengatakan, hingga hari ini ia melihat kepala dinas masih lengkap.

Baca Juga : Pegawai KPK Gadungan Diperiksa Polres, Diduga Peras Pejabat Pemkab Bogor

“Sampai hari ini saya lihat kepala dinas lengkap semua. Tadi rapat semua lengkap, kecuali ada yang minta izin, tapi setahu saya tidak ada,” tuturnya.

Sementara itu terkait pejabat dari dinas yang sempat diamankan. Asmawa Tosepu mengaku, pihaknya belum menerima laporan secara resmi.

“Allahualam, saya belum terima laporan secara resmi siapa saja. Saya belum tahu,” kata Asmawa Tosepu.

Kemudian untuk langkah selanjutnya, Asmawa Tosepu menyerahkan sepenuhnya kepada penegak hukum.

Baca Juga : Setelah Jalani Pemeriksaan, Pegawai KPK Gadungan Dibawa ke Polres Bogor

“Hanya saya berharap, menyarankan, mengimbau kepada masyarakat termasuk jajaran Pemkab Bogor kalau ada lagi yang melakukan hal-hal seperti itu (memeras, red) segera laporkan ke kantor polisi terdekat,” tegas Asmawa Tosepu

Terkait tindakan ke pejabat yang diperas, ia mengatakan akan melihat hasil pendalaman dari penegak hukum seperti apa konstruksinya. 

“Sekali lagi saya katakan bahwa saya belum tahu, saya sudah koordinasikan dengan pak Kapolres sementara dalam pendalaman di sana,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan bahwa pegawai KPK gadungan berinisial YS saat ini sedang diperiksa di Polres Bogor.

Baca Juga : Pegawai KPK Gadungan Diringkus, Diduga Peras Pejabat Pemerintah Kabupaten Bogor

YS diduga telah melakukan pemerasan kepada pejabat di Pemkab Bogor. Saat ini polisi telah menerima pelaku, dan masih dilakukan penyelidikan.

“Sudah, lagi diperiksa,” ungkap Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro kepada wartawan, Jumat (26/7/2024).

Selain itu lanjut Kapolres, apabila pemeriksaan sudah selesai rencananya akan dilakukan konferensi pers. Menurutnya, YS diserahkan KPK berikut barang buktinya.

“Tersangka dan korban semua dibawa,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, setelah menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, pria berinisial YS yang mengaku bekerja di KPK dibawa ke Polres Bogor, pada Jumat (26/7/2024) dinihari.

YS dibawa dari Gedung KPK sekitar pukul 00.05 WIB, kemudian masuk ke mobil polisi dan diangkut ke Polres Bogor.

Untuk diketahui, YS diduga memeras pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor, Kamis (25/7/2024) siang.

KPK telah mengamankan seseorang yang mengaku pegawai KPK yang melakukan pemerasan terhadap pegawai di Pemerintah Kabupaten Bogor,” ungkap Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto, Kamis (25/7/2024) sore.