BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melakukan uji emisi terhadap kendaraan plat merah yang digunakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di area Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu 6 September 2023.


Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang memimpin langsung pelaksanaan uji emisi tersebut pun dibuat kaget lantaran tak sedikit kendaraan ASN yang tidak lolos uji emisi.


"Ini masa kendaraan plat merah tak lolos uji emisi. Saya minta itu dibawa ke bengkel, diperbaiki lalu diuji lagi ke sini," cetus Iwan.

Baca Juga : Terdeteksi KLHK, Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Dilarang Masuk Area Pemerintahan 


Meski tak menyebut secara rinci jumlah kendaraan plat merah yang tak lolos uji emisi, Iwan mengatakan bahwa salah satu penyebab hal tersebut adalah penggunaan bahan bakar kendaraan.


Kata Iwan, tak sedikit
kendaraan plat merah yang kedapatan tak sesuai aturan, menggunakan bahan bakar pertalite bukan pertamax sebagaimana yang telah diatur.


"Ini saya tekankan ada beberapa kendaraan plat merah yang tidak lolos uji emisi. Setelah kami periksa, kami tanyakan ternyata salah satu masalahnya adalah penggunaan bahan bakar. Pakai pertalite bukan pertamax," jelas Iwan.


Menurutnya, aturan penggunaan pertamax pada kendaraan dinas harus dipatuhi oleh semua ASN. Iwan menilai bahwa penggunaan bahan bakar yang baik akan baik pula pada kendaraan.


"Ya hasilnya begini (tidak lolos uji emisi), padahal ASN ini diarahkan menggunakan pertamax jadi oktannya lebih tinggi. Kalau pertalite kan rendah.
Makannya kendaraan agar pembakarannya bagus ya pakai pertamax ini salah satu dampaknya tidak lolos uji emisi," jelasnya.