BOGOR, CEKLISSATU - Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengaku tak habis pikir dengan penggunaan pertalite pada kendaraan dinas yang dilakukan ASN di Kabupaten Bogor.

"Ini saya tekankan ada beberapa kendaraan plat merah yang tidak lolos uji emisi. Setelah kami periksa, kami tanyakan ternyata salah satu masalahnya adalah penggunaan bahan bakar. Pakai pertalite bukan pertamax," jelas Iwan usai memimpin pelaksanaan uji emisi kendaraan plat merah di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu 6 September 2023.

Seharusnya, kata dia, ASN mematuhi aturan yang telah diberikan soal penggunaan bahan bakar kendaraan plat merah 

Baca Juga : Tak Lolos Uji Emisi, Bupati Temukan Kendaraan ASN Pakai Pertalite bukan Pertamax 

Terlebih,  negara telah memberikan fasilitas yang baik yang seharusnya dijaga juga dengan baik oleh para penggunanya.

Karenanya, dia pun mengingatkan dan meminta kepada ASN yang masih menggunakan pertalite hingga tak lolos uji emisi untuk segera melakukan servis, memperbaiki kendaraannya agar bisa sesuai standar emisi yang ada.

"Yang tidak lolos uji emisi saya minta untuk segera diservis, dibawa ke bengkel dan nanti diuji lagi," tegasnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Bambam Setia Aji mengatakan, ketika kendaraan yang tidak lolos uji emisi tidak segera dibenahi atau diperbaiki, maka kendaraan tersebut akan terus terdeteksi oleh aplikasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan dilarang memasuki lingkungan pemerintahan.

"Nanti keliatan di aplikasi KLHK itu jika yang tidak lolos emisi belum diperbaiki, tidak boleh masuk ke area pemerintahan, minimal seperti itu. Namun kelihatannya nanti akan ada kebijakan lain dari KLHK terkait itu," kata Bambam.

ERUL