BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor gerah dengan kabar adanya pungutan biaya dalam gelaran Bogor Fest 2023.

Tak ingin disudutkan, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan, bahwa tidak ada pungutan biaya sepeser pun dalam acara Bogor Fest.

Jika pun ada, Iwan menyebut bahwa itu berasal dari inisiatif Event Organizer (EO) yang membuat rangkaian acara Bogor Sehat dalam gelaran Bogor Fest.

Baca Juga : Jelang Pemilu 2024, Mahasiswa Unida Sosialisasikan Politik Bagi Pemilh Pemula

"Memang ada surat itu di luar dari Bogor Fest. Ada namanya Jalan Sehat, kalau Bogor Fest yang sekarang itu gak ada biaya, barusan rapat juga ga ada biaya apa-apa," 
kata Iwan kepada wartawan, Selasa 22 Agustus 2023.

Iwan menyebut, EO lah yang menyarankan kepada Pemkab Bogor untuk menggelar jalan sehat berbayar Rp50 Ribu dan Rp25 Ribu. 

"Kalau bayar 50 ribu itu ada kegiatan jalan sehat, biar semua tahu. Satu dapat kaos kedua goodybag," papar Iwan. 

Uang itu, lanjut dia, diperuntukkan untuk hadiah atau doorprize yang disediakan EO yaitu umroh dan sejumlah sepeda motor itu.

Sementara masyarakat yang ingin jalan sehat tapi tidak bayar, tidak akan diberikan doorprize.

"Kemudian uangnya itu (untuk) cover doorprize yang akan diberikan untuk peserta. Jadi kalau tidak bayar juga tidak apa+apa, berarti bajunya ga dapat, vocernya gak dapet," jelas Iwan. 

Sehingga, Pemkab Bogor tidak menganggarkan dari APBD untuk kegiatan Bogor Sehat yang rencananya akan digelar pada 27 Agustus 2023 tersebut.

"Itu kan hanya rangkaian event, jalan sehat itu rangkaian EO disponsori oleh Luwak White Kopi, jadi kalau ada orang yang bilang Bogor Fest bayar, saya tanggung jawab, gak ada," kata dia.


Redaksi (*)