JAKARTA, CEKLISSATU - Badai tornado disertai petir melanda Mississippi dan Alabama, Amerika Serikat, Jumat malam waktu setempat. Dilaporkan 23 orang tewas dan belasan luka-luka.

Otoritas lokal dan federal melaporkan kerusakan mencapai 100 mil luasnya. Badan Darurat Mississippi mengeluarkan peringatan tornado di sejumlah negara bagian.

Operasi pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan di daerah Sharkey dan Humphreys, kata Badan Manajemen Darurat Mississippi.

"Banyak orang di MS Delta membutuhkan doa Anda dan perlindungan Tuhan malam ini," kata Gubernur Tate Reeves di Twitter. 

Presiden Joe Biden pada hari Sabtu mengatakan dia berdoa untuk mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai dalam tornado.

"Gambar-gambar dari seluruh Mississippi memilukan. Sementara kami masih menilai kerusakan sepenuhnya, kami tahu bahwa banyak orang Amerika kami tidak hanya berduka untuk keluarga dan teman, mereka telah kehilangan rumah dan bisnis mereka," kata Biden. .

Dia melanjutkan, "Kepada mereka yang terkena dampak badai dahsyat ini, dan kepada para responden pertama dan personel darurat yang bekerja untuk membantu sesama orang Amerika: kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk membantu. Kami akan berada disana selama diperlukan. Kami akan bekerja bersama untuk memberikan dukungan yang Anda butuhkan untuk pulih."