JAKARTA, CEKLISSATU – Untuk pertama kalinya di 2024 ini dilakukan uji emisi gratis di Kantor Sudin LH Jakarta Selatan.

Kepala Seksi Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Sudin LH Jakarta Selatan, Tuty Ernawati mengatakan, uji emisi kendaraan merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas udara di Jakarta.

"Uji emisi ini menjadi kali pertama diselenggarakan di tahun 2024. Alhamdulillah, masyarakat masih antusias melakukan uji emisi kendaraannya," kata dia, Rabu 24 Januari 2024.

Tuty mengatakan, sebanyak dua kendaraan roda empat, 12 kendaraan roda dua berbahan bakar bensin, serta 16 unit kendaraan roda empat berbahan bakar solar, melakukan uji emisi gratis.

Baca Juga : Pemprov DKI Jakarta Beri Pelayanan Uji Emisi Gratis hingga Akhir Tahun, Ini Caranya

"Semua kendaraan yang melakukan uji emisi pada hari ini, dinyatakan lolos ambang batas emisi gas buangnya. Ini juga menandakan kendaraan dalam kondisi baik," terangnya.

Tuty menjelaskan, uji emisi menjadi proses yang dilakukan untuk mengukur jumlah polutan yang dihasilkan oleh kendaraan dan menilai sejauh mana kendaraan mematuhi standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah untuk melindungi lingkungan serta kesehatan masyarakat.

"Warga yang sudah melakukan uji emisi kendaraan sangat membantu mengurangi pencemaran udara dan mewujudkan Jakarta langit biru," imbuh dia.