JAKARTA, CEKLISSATU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 2 terminal di Sumatera Utara pada Kamis 9 Februari 2023.

Jokowi mengajak agar masyarakat menggunakan transportasi massal, untuk mengurangi kemacetan.

"Kemacetan sekarang ini tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di luar Jakarta. Kota-kota besar, misalnya Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, dan kota-kota besar yang lainnya mulai mengalami macet yang sudah mulai harus kita perhatikan," kata Jokowi, seperti dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis 9 Februari 2023.

Jokowi mengatakan, di Jakarta ada MRT dan LRT tak lama lagi akan selesai. Lalu kereta cepat antarkota Jakarta-Bandung juga selesai.

Baca Juga : Pernikahan Dini di Kabupaten Bogor Cenderung Meningkat

Jokowi berharap kota-kota lainnya di Indonesia mulai berpikir untuk membangun MRT hingga LRT. Jika tidak demikian, Jokowi mengatakan, kemacetan akan terus terjadi.

Jokowi berharap budaya menggunakan transportasi massal meningkat setelah adanya pembangunan Terminal Amplas dan Terminal Tanjung Pinggir. 

"Dan kita harapkan kota-kota besar di luar Jakarta harus mulai berpikir ke arah LRT, MRT, dan moda transportasi massal lainnya. Kalau tidak kedahuluan macet, jalan tidak bisa dilebarkan akhirnya semua orang akan sangat tergantung pada yang namanya kendaraan pribadi," tutup Jokowi.