BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, akan membangun unit produksi baru Perumda Air Minum Tirta Kahuripan di wilayah timur. Rencana tersebut diungkapkan Bupati Bogor, Iwan Setiawan usai pulang dari Prancis.

Di Prancis, kata Iwan, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menandatangani kerja sama dengan SUEZ Pte. Ltd, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang air.

Dari kerja sama itu, Pemkab Bogor bersama SUEZ sepakat untuk mengembangkan dan memperluas cakupan layanan. Seperti di Kecamatan Klapanunggal, Gunungputri, Cileungsi dan Kecamatan Jonggol.

Baca Juga : Berikut Ini Hasil Uji Emisi Kendaraan Kabupaten Bogor, Dinas Lingkungan Hidup: Tidak Lulus Hanya Lima Persen

"Bersama Suez, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan akan membangun unit produksi dan memperluas cakupan layanan pelanggan air di wilayah timur Kabupaten Bogor," kata Iwan, Senin 6 November 2023.

Iwan mengatakan, Pemkab Bogor bersama SUEZ akan mencari pihak ketiga, sebagai rekanan atau penyedia jasa proyek pengelolaan air yang sumber airnya di Desa Ligarmukti, Kecamatan Klapanunggal.

Pada proses tersebut, kata dia, Pemkab Bogor akan melakukan beauty contest, untuk memilih rekanan kerja pada proyek pembangunan Unit Produksi dan juga jaringan pipa airnya.

Iwan menyebutkan bahwa kerja sama tersebut memiliki nilai investasi yang cukup besar mencapai ratusan miliar rupiah. Namun meski begitu, dia menegaskan penjualan air nantinya tetap sama dengan apa yang dilakukan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.

"Walaupun nilai investasinya besar (sekitar ratusan miliar) dan kemungkinan kualitas airnya lebih baik dari sebelumnya, harga jual ke pelanggan air di wilayah timur tersebut tetap standar Perumda Air Minum Tirta Kahuripan tetap sama dengan pelanggan di wilayah lainnya," terang Iwan.

Dia megungkapkan bahwa Perumda Air Minum Tirta Kahuripan sudah mengantungi izin pengusahaan atau penggunaan sumber daya air dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane yang dimana itu bisa digunakan untuk kebutuhan berjalannya kerja sama tersebut.

"Perumda Air Minum Tirta Kahuripan sudah kantongi izin pembangunan unit produksi atau pengusahaan  penggunaan sumber daya air di Kecamatan Klapanunggal, hingga nanti bisa lebih cepat realisasi perluasan cakupan layanan pelanggan air di Kecamatan Klapanunggal, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol dan sekitarnya," jelasnya.

Sementara berdasarkan informasi yang didapat, cakupan layanan air Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor saat ini sudah mencapai 198.590 sambungan atau 33,40 persen di 26 dari 40 kecamatan.

Di Tahun 2024, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor diberikan target 200 ribu cakupan layanan air oleh Bupati Bogor, baik itu di wilayah pemukiman, perumahan maupun industri.