BOGOR, CEKLISSATU – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor melakukan Ramcek atau pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat kendaraan umum. Salah satunya di pool bus Agra Mas Jalan Raya Pemda, Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (07/12/2023). 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridha menyebutkan, kegiatan tersebut melakukan pengecekan terhadap kendaraan angkutan umum, di antaranya di pool bus Agra Mas.

Selain di pool bus tersebut lanjut Agus Ridha, Ramcek juga digelar di jalan raya dan beberapa pool bus lainnya yang ada di Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Dishub Kabupaten Bogor Terapkan Kanalisasi di Jalan Raya Dramaga untuk Urai Kemacetan 

“Tujuan Ramcek ini sebetulnya kegiatan rutin yang digelar Dinas Perhubungan bersama kepolisian, TNI, Jasa Raharja dalam rangka bagaimana kita meningkatkan keselamatan di jalan raya,” ungkap Agus Ridha kepada ceklissatu.com, Kamis (07/12/2023).

2 Ft Dishub Ramcek 2.webp
PENGECEKAN: Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor saat melakukan Ramcek kendaraan umum di Pool Bus Agra Mas Jalan Raya Pemda, Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (07/12/2023). FOTO: AGUNG/CEKLISSATU.COM

Agus Ridha juga mengatakan, saat ini menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), sebagaimana dimaklumi bahwa volume penumpang kendaraan umum ini pasti akan meningkat.

“Dan ini penting sekali harus dilakukan pengecekan agar tidak terjadi kecelakaan di jalan. Yang paling utama saya harapkan kepada perusahaan-perusahaan bus agar memperhatikan kondisi kendaraan, cek secara rutin. Pengecekan itu jangan hanya karena ada imbauan dari pemerintah saja,” tutur Agus Ridha.

Agus Ridha menyatakan, hasil dari pemeriksaan hari ini terdapat dua kendaraan yang remnya kurang bagus.

“Itu langsung kami minta kepada perusahaan untuk segera memperbaiki dan service kendaraannya, dan nantinya akan dicek lagi,” ujarnya.

Agus juga mengingatkan kepada seluruh pemilik kendaraan, baik yang ada di wilayah Kabupaten Bogor maupun di luar Bogor terutama yang melintas di wilayah tempat wisata seperti Puncak, dipastikan menjelang Nataru kendaraan bus akan banyak.

“Kami juga akan melakukan Ramcek di KM45, guna memastikan seluruh kendaraan yang masuk Kabupaten Bogor dalam keadaan baik dan sehat,” terangnya.

Diketahui, kegiatan Ramcek ini dihadiri juga oleh perwakilan Polres Bogor, Pomdam, serta Jasa Raharja.

Sementara itu, Manager Operasional Agra Mas, Agus Setyo mengatakan, pihaknya mempersiapkan secara maksimal terkait beberapa hal yang menyangkut keselamatan angkutan. 

“Dan kenyamanan untuk armada kami menjadi salah satu prioritas, karena ini menyangkut pelayanan Nataru dan saat ini menjadi konsentrasi oleh pemerintah,” ucap Agus Setyo kepada ceklissatu.com.