JAKARTA, CEKLISSATU – Kementerian agama (Kemenag) mendapatkan 110.553 formasi untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tahun ini.

Kemenag menyiapkan 110.553 formasi CASN yang terdiri atas CPNS sebanyak 20.772 formasi dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terdiri dari 89.781 formasi.

Formasi CPNS tersebut terdiri atas tenaga guru sebanyak 6.992 formasi, dan tenaga teknis sebanyak 13.780 formasi.

Baca Juga : Kemenag Luncurkan Kawal Haji, Aplikasi yang Mudahkan Jamaah dan Masyarakat Sampaikan Keluhan

Sekertaris Jenderal Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, CASN untuk formasi PPPK terdiri atas 19.437 formasi tenaga guru, 502 formasi tenaga kesehatan, dan 69.842 formasi tenaga teknis.

Formasi tersebut ditempatkan pada wilayah pusat maupun daerah yang terbagi dalam 10.462 satuan kerja dan unit pelaksana (satker) Kementerian Agama.

“Jumlah tersebut menempatkan formasi CASN terbanyak dalam sepanjang sejarah Kementerian Agama,” ujar dia seperti dalam keterangannya, Kamis 30 Mei 2024.

Baca Juga : Siap-siap, Pemerintah Buka 200 Ribu Formasi CASN Fresh Graduate untuk di IKN

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Kang Dhani ini juga mengungkapkan, bahwa jumlah aparat yang besar merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Kemenag.

“Kekuatan aparat besar tentu merupakan sebuah tantangan dan peluang bagi Kemenag untuk terus hadir di tengah masyarakat memberikan layanan terbaik,” ujarnya.

Formasi CASN itu untuk penempatan di IKN, Kemenag alokasikan 10% dari total formasi CASN, juga 10% formasi digital talent sebagaimana arahan Presiden kepada para Menteri.

Baca Juga : Jokowi Umumkan Rekrutmen CASN 2024, Ada 2,3 Juta Formasi, Fresh Graduate Dapat Alokasi Besar

Selain itu diberlakukan juga formasi khusus untuk putra putri Papua, putra putri Papua Barat, dan putra putri Kalimantan Timur.