CIANJUR, CEKLISSATU - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa barat, Bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cianjur, menggelar Talk Show bersama Santri. Acara yang digelar di halaman Yayasan Pondok Pesantren Tanwiriyyah, Desa Sindanglaka Kecamatan Karang tengah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengusung tema ,”Peran Santri Dalam Mewujudkan Pesantren Bersih Dari Narkoba” (Bersinar). 


Menurut Ketua Tim Pencegahan BNN Provinsi Jawa barat, Yohanes Eko Ariyanto. Kegiatan tersebut tujuan nya membentuk Relawan Santri Anti Narkoba dari kalangan Santri khususnya di kabupaten cianjur, karena sebelumnya sudah dilakukan di Cirebon dan Tasikmalaya. Mengingat, santri memiliki peran penting dalam rangka melakukan pencegahan dan pengawasan peredaran Narkoba.


“Antusisme para santri maupun pelajar diponpes ini, sangat ramai dan dinilai sangat mendukung dengan kegiatan yang sudah digelar oleh pihaknya, Sehingga pihaknya mengucapkan terim kasih kepada pihak ponpes yang telah menerimanya dengan Baik,”ungkapnya pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Baca Juga : Peringati Hari Santri Nasional, Polsek Batununggal Bandung Gelar Salawat Nariyah


Yohanes Menambahkan, Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dalam rangka mewujudkan Ponpes Bersih dari Narkoba, dan kedepannya, Pihaknya juga akan melakukan Road Show ke tiap kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jawa barat yang difokuskan ke tiap Pesantren.


Yohanes juga menyebut, Wilayah Jawa barat merupakan wilayah yang sangat luas, sehingga pihaknya akan terus melakukan pencegahan sekaligus membentengi dalam meminimalisir peredaran Narkoba dilingkungan Ponpes maupun lingkungan sekolah.


”Meskipun tidak terlalu besar, namun kasus penyalahgunaan Narkoba dikalangan pelajar se- Jawa Barat, mengalami peningkatan, dalam hal ini mereka kerap menyalahgunakan Obat obatan terlarang, sehingga apapun penyalahgunaan nya, itu akan menjadi tanggungjawab bersama khususnya BNN, BNN juga berharap, agar semua kalangan pelajar, santri maupun mahasiswa membuat Komitmen dalam mencegah peredaran Narkoba,"pungkasnya.


Sementara itu, menurut Ketua Yayasan Ponpes Tanwiriyyah, KH. Deden Ahmad Jauhar Tanwiri. Pihaknya merasa senang dan bahagia dengan adanya kegiatan tersebut, yang digelar oleh Pihak BNN Provinsi Jabr dan BNNK Cianjur. Karena hal ini sebagai bukti kepedulian Pmerintah melalui BNN terhadap generasi muda khusunya yang ada dilingkungan Ponpes Tanwiriyyah, karena para pemuda dan pemudi merupakan Generasi penerus untuk menjadi para pemimpin dimasa yang akan datang.


"Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat sekali bagi anak didik kami, dan berharap membuat kerjasama yang lebih baik lagi dalam memujudkan ponpes bersinar, sehingga perlu dilakukan pencegahan dan pengawasan yang lebih kuat lagi, agar seluruh santri tidak ada yang terpapar oleh narkoba,"ungkapnya.