CIANJUR, CEKLISSATU -  Aksi bela Palestina, sejumlah massa aksi mendatangi restoran cepat saji Mc Donald's di jalan Siliwangi, Kelurahan Pamoyanan, Cianjur,Jawa Barat, Minggu,05 November 2023. Massa aksi mengajak warga Cianjur  untuk memboikot karena berafiliasi dengan Israel.


Salah seorang massa aksi  Fawaid Abdul Qudus menyerukan, agar warga Cianjur tidak membeli barang-barang dari merk dagang yang menjadi donatur Israel pada perang yang terjadi di Gaza, Palestina saat ini.


"Karena McDonald's ini merupakan produk Amerika yang diketahui menjadi donatur perang untuk Israel. Mereka ini sponsor utama Israel," kata Abdul, kepada wartawan.

Baca Juga : Palestina Lebih Dulu Pilih Kuwait Ketimbang Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia : Terima Kasih


Abdul juga mengajak seluruh umat muslim di tatar santri ini tidak lagi membeli seluruh produk asal Amerika.


"Ayo umat Islam, lumpuhkan perekonomian antek-antek yahudi dengan tidak berbelanja di gerai yang berafiliasi dengan mereka," ujarnya.


Selain itu, Abdul juga menuntut lima hal pada pemerintah terkait adanya perang di Palestina.


Pertama, pihaknya meminta DPRD Cianjur berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk memutuskan hubungan diplomasi dengan Israel. 


Kedua, meminta pemerintah untuk memberi bantuan militer, kesehatan juga logistik bahan pokok pada Palestina baik secara langsung maupun tidak langsung.


Ketiga, menuntut pemerintah pusat untuk membuat peraturan yang melarang peredaran produk dagang yang berafiliasi dengan Israel. 


Keempat, meminta pemerintah pusat untuk meninjau kembali efektivitas keanggotaan Indonesia dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 


"Dan kelima, kami meminta pada Pemerintah Pusat untuk memasukan materi anti-penjajahan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia," tegasnya


Massa juga  membawa atribut bendera Palestina, massa aksi juga membentangkan poster bertuliskan 
'Membeli McDonald's berarti membunuh rakyat Palestina' dan 'Stop Memperkaya Amerika.'