BANDUNG, CEKLISSATU - Hujan deras serta angin puting beliung yang terjadi di Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Rabu (6/12/2023) pukul 15.30 Wib menyebabkan pohon tumbang yang menimpa sebuah truk. Petugas penanggulangan bencana pun langsung melakukan evakuasi pohon tersebut.


Kabid Kedarurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Bambang Imanuddin mengatakan, hujan deras serta angin puting beliung menyebabkan pohon tumbang di Jalan Cadas Pangeran, Rabu (6/12/2023). Pohon tumbang menimpa sebuah truk


"Dampak kerusakan satu unit fasilitas umum, dua unit truk dan satu pick up," ucap dia saat dikonfirmasi, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga : Tahun 2024, Fasilitas Stadion Pakansari Bisa Digunakan


Ia menuturkan tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Petugas telah berhasil mengevakuasi pohon tumbang dan kendaraan sudah bisa melintas di Jalan Cadas Pangeran.


"Sudah terkendali dan mobil sudah berangkat dari lokasi," kata dia.


Sebelumnya, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan  puncak musim hujan di wilayah Bandung Raya diperkirakan akan terjadi pada Februari hingga Maret tahun 2024. Teguh mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi dampak cuaca ekstrem yang terjadi pada awal musim hujan seperti hujan dengan intensitas ringan hingga lebat  yang disertai petir/kilat dan angin kencang.


Selain itu, potensi angin puting beliung dan potensi hujan es yang dapat mengakibatkan bencana genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta dampak kerusakan lainnya.


Khusus untuk daerah bertopografi curam dan bergunung atau rawan longsor, ia mengingatkan agar tetap waspada.  Khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut.