BOGOR, CEKLISSATU - Dua mahasiswa Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) berhasil lolos menjadi perwakilan Universitas Djuanda (Unida) dalam seleksi IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) 2024, yakni program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KemendikbudRistek). Kedua mahasiswa Sains Komunikasi FISIP tersebut ialah Gadizka Azzahra Endah Khamila dan Febrian Batara Aditya Rahman.


Diwawancarai terpisah, Gadizka Azzahra Endah Khamila mengatakan bahwa alasannya mengikuti program beasiswa IISMA ini ialah karena rasa ingin tahunya mengenai sistem kurikulum dan pembelajaran yang diberlakukan di negara-negara maju.

“Harapan besarnya, jika saya bisa berhasil lolos IISMA ini, ilmu yang didapatkan bisa saya bagikan kepada teman-teman di Indonesia. Selain itu, saya juga melihat deskripsi courses atau materi kuliah yang diajarkan di kampus-kampus ini menarik semua, sehingga semakin memperbesar rasa keingintahuan saya untuk mempelajarinya,” ungkapnya.

Baca Juga : Ungkap Kasus Pembobolan ATM di Minimarket

Sementara itu, Febrian Batara Aditya Rahman menuturkan, program beasiswa IISMA menjadi kesempatan emas bagi dirinya sebagai mahasiswa untuk dapat mengeskplor banyak hal, mencari banyak pengalaman dan menambah wawasan, hingga memperluas relasi.

“Dengan kesempatan adanya program IISMA ini, mata kuliah yang tersedia di kampus-kampus ternama di dunia bukanlah hal yang bisa dilewatkan begitu saja,” ujarnya.

Adapun Febrian dan Gadizka memilih perguruan tinggi luar negeri dengan tujuan yang berbeda.

Febrian, memilih 3 perguruan tinggi tujuan, yakni University of Warsaw (Polandia) sebagai tujuan utama, kemudian University of Limericks (Irlandia), dan Keio University (Jepang) sebagai perguruan tinggi tujuan alternatif. Sedangkan Gadizka, sebagai tujuan utamanya ia memilih University of Limericks (Irlandia), lalu sebagai perguruan tinggi tujuan alternatifnya, Gadizka memilih Michigan State University (Amerika Serikat), dan University of Pisa (Italia).