BOGOR, CEKLISSATU - Program Pembelajaran Internasional Jangka Pendek atau International Short Course Program dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (Unida) diikuti 11 Mahasiswa dari International University of Malaya-Wales (UMW) Malaysia. Program yang dilaksanakan pada bulan Juli ini menyampaikan materi-materi tentang Ilmu Administrasi Publik dan Sains Komunikasi. 

Dekan FISIP Unida, Dr. Rita Rahmawati, menyampaikan bahwa program International Short Course yang diadakan oleh FISIP Unida adalah upaya dari FISIP Unida untuk memperluas manfaat kepada pelajar asing di mana pun untuk belajar keilmuan yang ada di FISIP Unida, yakni Administrasi Publik dan Sains Komunikasi. Kali ini, program International Short Course dari FISIP Unida diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari UMW Malaysia

"Program kelas internasional kali ini diisi oleh mahasiswa-mahasiswi dari kampus mitra kami yakni International University of Malaya-Wales. Sebelumnya, saya bersama beberapa dosen sudah pernah menjadi Dosen Tamu di sana dan kali ini kami kedatangan mahasiswa tamu," katanya. 

Baca Juga : Football Institute Kritik Komdis PSSI Terkait Denda dan Hukuman Terhadap Klub

Dekan yang akrab disapa Dekan Rara ini berharap FISIP Unida bisa memberikan manfaat yang lebih luas, bahkan hingga masyarakat serta pelajar dari berbagai belahan dunia. 

Wakil Dekan Nonakademik dan Kerja Sama, Maria Fitriah, menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa-mahasiswi dari UMW Malaysia merupakan implementasi kerja sama yang sudah terjalin antara Universitas Djuanda dengan International University of Malaya-Wales.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pejabat, Dosen hingga Mahasiswa Malaysia dari International University of Malaya-Wales. Ini merupakan implementasi kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian," jelasnya.


Salah satu mahasiswa International University of Malaya-Wales yang mengikuti program International Short Course FISIP Unida, Nur Alia, menyampaikan kegembiraannya bisa belajar dari Dosen-dosen di FISIP Unida yang ramah. Dirinya merasa tidak hanya mendapatkan pengalaman dari segi keilmuan pendidikan tinggi namun juga tentang budaya Bogor - Jawa Barat - Indonesia.

"Oh, everyone is so nice here. I learn a lot from the lecturers about Bogor's culture and Universitas Djuanda. All the courses are interesting and I wish to take one of these courses in the future and learn from the lecturers."

Sementara, Sara yang juga berasal dari International University of Malaya-Wales menyampaikan pembelajaran short course di FISIP Unida bisa diserap dengan baik karena disampaikan melalui cara yang bersahabat.


"I love to be here in Universitas Djuanda. The building is beautiful and everyone is friendly and nice, I feel so welcomed. The short courses are very interesting, I hope to partake in at least one course!"