JAKARTA, CEKLISSATU -- Viral dan beredar video memperlihatkan oknum pengunjung yang ada di dalam sebuah mobil diduga memberi makan sampah plastik ke kuda Nil yang ada di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor. Kini pengelola TSI memburu pelaku.

 Dalam unggahan sebuah video memperlihatkan sejumlah pengunjung yang berada di dalam mobil tampak sedang memberi makan wortel ke seekor rusa dan kuda nil.

Tetapi dalam video pertama, pengunjung terebut memasukkan wortel ke hidung rusa. 

Video berikutnya, seekor kuda nil disodorkan wortel, saat hewan itu membuka mulut, pengunjung tersebut malah melempar sampah plastik ke mulut kuda nil.

Baca Juga : Viral Pengunjung Taman Safari Cisarua Nekat Buka Kaca Mobil saat Lewat Kandang Singa

Terkait peristiwa itu, Head of Media and Digital TSI Bogor, Finky Santika menyebutkan, berdasarkan hasil penelusuran, pengunjung tak bertanggungjawab tersebut menggunakan kendaraan dengan plat nomor B 1949 CIC.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penelusuran data terhadap pengunjung yang melakukan pelanggaran untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

"Perihal identitas pengunjung tersebut agar yang bersangkutan mendapatkan sanksi peringatan berupa penyataan maaf atas tindakannya tersebut. Sehingga bisa menjadi pelajaran bagi pengunjung lain untuk taat terhadap SOP," tuturnya.

Selain itu lanjut Finky, pengunjung tersebut kerap melakukan pelanggaran peraturan selama di Taman Safari Bogor, mulai membuka jendela di area harimau hingga memasukan wortel ke hidung hewan.

"Keterangan saksi, pengunjung tersebut juga melanggar SOP di area harimau yakni membuka jendela mobil dan petugas berkali-kali menegur yang bersangkutan," katanya. 

Kemudian pengunjung tersebut juga melanggar aturan dengan menyentuh bagian tubuh dari hewan zebra.

"Di area zebra, pengunjung ini juga menepuk pantat zebra yang secara aturan dilarang keras. Petugas yang jaga di lokasi juga sudah menegur yang bersangkutan," jelasnya.

Pihaknya menyayangkan aksi ini dan meminta pengunjung lain tidak meniru sikap tidak terpuji tersebut. 

"TSI sebagai lembaga konservasi yang menjunjung tinggi nilai kinservasi dan perlindungan satwa mengutuk dan mengecam keras tindakan pengunjung tersebut," ujarnya.

Untuk diketahui, plastik yang masuk ke dalam tubuh kuda nil saat ini sudah di keluarkan oleh petugas Taman Safari Bogor.