JAKARTA, CEKLISSATU - Terdapat sejumlah keluhan mengenai pelayanan haji, Garuda Indonesia mendapat teguran keras dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, bakal menindak tegas Garuda Indonesia dan meminta segera memperbaiki pelayanannya. 

Surat teguran tersebut dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara dengan Nomor surat AU.402/2/21/DJPU.DKPPU-2024.

Baca Juga : Pastikan Proses Memasak Konsumsi Jemaah sesuai Ketentuan, Petugas Haji Sidak Dapur di Madinah

Surat ini berisi teguran atas Angkutan Penerbangan Haji Tanggal 17 Mei 2024 dan tidak dapat beroperasinya beberapa pesawat terbang Angkutan Haji Tahun 2024, yang dikarenakan permasalahan teknis sehingga mengakibatkan terganggunya jadwal keberangkatan jamaah haji pada beberapa Embarkasi.

Budi Karya meminta perbaikan pelayanan segera dilakukan agar memastikan fase keberangkatan Jamah Haji Tahun 2024 dapat berjalan sesuai jadwal dan untuk memenuhi batas waktu tanggal 10 Juni 2024.

Kemenhub meminta agar PT. Garuda Indonesia memberikan prioritas utama dalam program nasional pelaksanan Angkutan Haji Tahun 2024.

Baca Juga : Lepas Jamaah Haji Kabupaten Bogor Kloter 17 JKS, Pemkab Pesan Ini

“Kami juga meminta agar Garuda Indonesia segera menyusun rencana mitigasi dan langsung melaporkan langkah percepatan atas recovery keterlambatan penerbangan angkutan haji Indonesia tahun 2024 ke Dirjen Perhubungan Udara," kata Budi Karya, seperti dikutip dari keterangannya, Senin 27 Mei 2024.

Surat teguran juga diberikan terkait kejadian Return To Base (RTB) pesawat Garuda Indonesia, dengan nomor penerbangan GA 1105 tipe Boeing 747-400 registrasi ER-BOS, untuk Pemberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Makassar kloter 5 di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (UPG), menuju Madinah (MED) pada Selasa, 15 Mei 2024.

Budi Karya juga meminta Garuda Indonesia untuk memastikan kesiapan pesawat baik operasional maupun perawatannya selama pelaksanaan penerbangan Angkutan Haji Tahun 2024. 

Baca Juga : Jamaah Haji Indonesia Miliki Ciri Khas Gelang Logam, Ini Fungsinya

“Selain itu, perlu ditingkatkan kordinasi yang baik antara PT. Garuda Indonesia dengan pemilik pesawat yang disewa," ujarnya. 

Dia juga meminta agar Garuda Indonesia meningkatkan pengawasan terhadap kondisi pesawat yang digunakan selama penerbangan angkutan Haji Tahun 2024. 

“Hal ini agar kejadian serupa tidak terulang kembali pada keberangkatan berikutnya,” tutup dia.