BOGOR, CEKLISSATU - Selain menaikkan insentif RT/RW, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga memfasilitasi mereka dengan BPJS KetenagakerjaanBupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, Pemkab Bogor menganggarkan sekitar Rp2,6 miliar untuk mengcover 20.445 ketua RT/RW se-Kabupaten Bogor selama 2024.
 
“Alhamdulillah di akhir tahun kemarin selama tiga bulan bisa kita alokasikan untuk BPJS Ketenagakerjaan RT/RW. Nah di 2024 itu kita anggarkan selama setahun dan sudah disetujuai saat Rapat Paripurna dengan DPRD minggu lalu,” kata Iwan Setiawan, Minggu 3 Desember 2023.

Program BPJS Ketenagakerjaan gratis ini dicetuskan Iwan mulai pertengahan 2023 lalu dan mulai berjalan sejak Oktober 2023.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Rawamangun Gugat Perusahaan Menunggak Iuran
 
Program yang diikuti oleh RT dan RW di Kabupaten Bogor ini terdiri dari dua jenis, yaitu JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) dan JKM (Jaminan Kematian). Dengan program ini, Iwan berharap Ketua RT/RW di Kabupaten Bogor akan mendapatkan perlindungan.
 
“Tujuan utama pemerintah hadir untuk memberikan perlindungan pada ketua RT/RW. Harapannya, ada kenyamanan dan jaminan bagi ketua RT dan RW dalam melaksanakan tugas. Sehingga ketika ada yang meninggal dunia, nantinya akan mendapatkan jaminan santunan dari BPJS ketenagakerjaan,” jelas Iwan.