BOGOR, CEKLISSATU Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Senin, (15/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan ucapan dukacita secara langsung kepada James Marape atas bencana tanah longsor di Papua Nugini.

Diketahui, rangkaian kendaraan PM James Marape terlihat tiba di Istana Bogor, sekitar pukul 10.00 WIB. 

Presiden Jokowi kemudian menyambut PM James Marape ketika tiba di lobi Istana Bogor. Menggunakan jas Hitam, Jokowi menyalami PM James Marape begitu turun dari mobil.

Baca Juga : Menpora Dito Ratas dengan Presiden Jokowi Bahas Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Internasional Tahun 2025

Lalu sambil berbincang singkat Presiden kemudian mengajak PM James Marape berkenalan dengan sejumlah delegasi Indonesia.

"Yang Mulia PM James Marape, selamat datang kembali di Indonesia. Izinkan saya sekali lagi menyampaikan dukacita yang mendalam atas musibah tanah longsor di Provinsi Enga," ucap Jokowi, seperti dikutip, Senin (15/7/2024). 

Selain itu Jokowi menyebutkan, pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada para korban longsor di Papua Nugini pada pekan lalu. 

PM James Marape pun menyampaikan terimakasih atas bantuan tersebut.

Baca Juga : Presiden Jokowi Pastikan Segera Meneken Keppres Soal Pemberhentian Hasyim Asy’ari dari Ketua KPU

James Marape mengapresiasi inisiatif pemerintah Indonesia yang mengirimkan bantuan untuk membantu warganya. 

Setelah pembukaan tersebut, Presiden Jokowi dan PM James Marape melanjutkan pertemuan bilateral secara tertutup. 

Sementara itu, dalam pertemuan bilateral tersebut, Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri. 

Yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Kemudian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini pada Senin (8/7/2024). 

Presiden menjelaskan, pada 24 Mei 2024 telah terjadi bencana tanah longsor di Provinsi Enga, Papua Nugini sehingga Indonesia harus memberikan bantuan kepada masyarakat Papua Nugini

Bantuan yang dikirimkan ke Papua Nugini senilai Rp18 miliar, dalam bentuk obat-obatan, makanan tambahan dan hygiene kit.