JAKARTA, CEKLISSATU - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya memastikan integrasi kereta cepat dengan moda transportasi lain, sehingga dapat dioperasikan pada Oktebr 2023 mendatang. 

Hal itu dikatakan oleh Budi Karya saat melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Sabtu 2 September 2023 kemarin. 

Budi mengatakan, Kemenhub bersama PT KCIC terus berupaya melakukan penyempurnaan  dengan serangkaian uji coba, hingga benar-benar siap beroperasi. 

“ Kamu jugamemastikan integrasi antara kereta cepat dengan moda transportasi lainnya, sehingga memudahkan akses bagi masyarakat,” kata Budi, seperti dikutip dari keterangannya pada Senin 4 September 2023.

Baca Juga : LRT Jabodebek Terintegrasi Kereta Cepat, Budi Karya: Ini Akan Jadi Pola Pengembangan Transportasi Kota Lain
Budi menambahkan, sejumlah pembangunan tengah dilakukan untuk mengoptimalkan perjalanan kereta feeder. 

“Secara keseluruhan akan ada pembangunan Skybridge di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung, serta pembangunan Flyover Ciroyom dan Pusdikpom. Semuanya ditargetkan selesai pada  2023 ini,” jelas Budi. 

Selain kereta feeder, terdapat pula sejumlah akses penghubung dari dan ke Stasiun Padalarang. Diantaranya adalah BTS Trans Metro Pasundan Rute Alun-Alun KBP, Bus Damri Rute Alun – Alun Bandung – Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta Rute usulan St. Padalarang –Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan (angkot) Rute Padalarang - Rajamandala, Rute Padalarang – Cimahi –Leuwipanjang, dan rute Padalarang - Cimahi.