BOGOR, CEKLISSATU - Dua kasus cacar monyet atau Monkeypox terdeteksi masuk di Kota Bogor. Kedua pasien itu diketahui berjenis kelamin laki-laki memiliki orientasi seksual sesama jenis.

"Kedua pasien berjenis kelamin laki-laki, dengan orientasi seksual LSL (Laki Seks Lelaki)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Adapun temuan 2 kasus cacar monyet ini dilaporkan oleh Puskesmas pada 23 November 2023. Dilakukan pengambilan spesimen, berupa spesimen swab orofaring, swab lesi, swab anal dan serum darah.

Baca Juga : Pakar Kesehatan Sebut Penanganan Cacar Monyet Lebih Sederhana Dibanding Covid-19 

"Kedua kasus dinyatakan terkonfirmasi monkeypox setelah Laboratorium BKPK melakukan feedback hasil lab ke Dinkes Kota Bogor," ungkapnya.

Adapun faktor resiko yang dimiliki untuk kedua pasien terkonfirmasi yakni keduanya memiliki gejala demam disertai ruam di daerah telapak tangan, badan, muka, dan area genital. Kemudian kasus juga terdapat pembengkakan kelenjar getah bening.

Selain itu, keduanya memiliki riwayat kontak seksual dalam 21 hari terakhir sebelum munculnya gejala. Saat ini, kedua kasus menjalani isolasi mandiri.

"Terhitung dari tanggal 20 November dan dilakukan pemantauan harian melalui Puskesmas," tandasnya.