BOGOR, CEKLISSATU - Ratusan warga di wilayah Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor mengalami krisis air bersih.

Staff Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin menyebut, krisis air bersih itu disebabkan oleh curah hujan yang menurun selama beberapa hari ke belakang.

Jalal pun mengaku, pihaknya telah mengirimkan sejumlah air bersih untuk dibawa ke lokasi terdampak air bersih di Kecamatan Jasinga. Salah satunya ke Desa Curug.

Baca Juga : Terlindungi Program JKM, Ahli Waris Peserta BPJS Ketenagakerjaan IPB Terima Santunan Kematian Hingga 42 Juta

"Volume pengiriman Air bersih 10.000 liter, untuk 148 Kepala Keluarga (KK) atau 592 Jiwa yang terdampak (Desa Curug)," kata Jalaludin, Kamis 8 Juni 2023.

Dikarenakan sumber mata air di Kecamatan Jasinga dilanda kekeringan, kata dia, masyarakat masih membutuhkan pasokan air bersih setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Karena intensitas hujan yang menurun di wilayah tersebut sehingga mengakibatkan sumber mata air warga berkurang dan warga kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih," papar dia.

Hingga saat ini, lanjut Jalal, pengiriman air bersih terus digencarkan ke beberapa Desa lainnya. Jalal menyampaikan bahwa rencana pengiriman air berikutnya akan dilakukan ke Desa Neglasari dan beberapa Desa lainnya di Kecamatan Jasinga

"Untuk sementara kebutuhan air bersih yang Desa Curug sudah terpenuhi dilanjut untuk Desa Neglasari," tuturnya.