JAKARTA, CEKLISSATU – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus meningkatkan literasi masyarakat, salah satunya dengan Gerakan Sumbang Buku.

Gerakan Sumbang Buku merupakan salah satu kegiatan Pemkot Yogyakarta dalam memperingati Hari Buku Nasional pada 17 Mei 2024 mendatang.

Masyarakat yang ingin berpatisipasi di Gerakan Sumbang Buku itu dapat menyalurkan bukunya melalu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta mulai 3 hingga 31 Mei 2024.

Baca Juga : Mukti Arja Berlian Hadirkan Karya Melalui Kumpulan Puisi Percikan Renungan Kehidupan

Pj Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan, Gerakan Sumbang Buku itu dapat diikuti oleh penerbit, toko buku, pelajar, mahasiswa, pegawai pada Perangkat Daerah/Unit Kerja di Pemerintah Kota Yogyakarta, serta masyarakat umum.

“Ini merupakan kesempatan yang baik. Sehingga dapat mendorong penerbit dan masyarakat untuk ikut berbagi buku kepada komunitas maupun sekolah-sekolah yang membutuhkan tambahan buku di perpustakaan mereka melalui Gerakan Sumbang Buku,”jelas Singgih dalam keterangannya, Kamis 9 Mei 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Afia Rosdiana mengungkapkan, ada beberapa titik yang disediakan bagi yang ingin mengikuti Gerakan Sumbang Buku.

“Masyarakat juga dapat langsung menyerahkan bukunya melalui Perpustakaan Pevita yang berada di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 32 Mantrijeron,” jelas Afia.

Baca Juga : Polri Peduli Budaya Literasi, Kapolresta Bogor Kota Bagikan Ribuan Paket Alat Tulis dan Buku

Afia menambahkan, banyak permintaan buku dari komunitas untuk Gerakan Sumbang Buku itu bahkan yang dari luar Yogyakarta.

Namun, pihaknya lebih memprioritaskan pemberian buku nantinya akan menyasar hanya di wilayah Kota Yogyakarta.

“Akan ada 12 titik yang kami sediakan untuk Gerakan Sumbang Buku itu. Kami akan melakukan penjemputan buku, jika tidak memungkinkan untuk mengantarkannya sendiri,” ujarnya.

Untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi di Gerakan Sumbang Buku dapat langsung menghubungi pustakawan Sumaryanto dengan nomor telepon 081392567657 atau Murhayati dengan nomor telepon 081227217877.

“Melalui Gerakan Sumbang Buku ini tak akan lagi ada alasan bahwa tak ada buku di sekolah, taman baca maupun di komunitas-komunitas yang ada di Kota Yogyakarta. Sehingga, literasi masyarakat Kota Yogyakarta meningkat,”imbuhnya.