BOGOR, CEKLISSATU - Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto dan Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin terlibat dalam 'adu domba' di Lapangan Panahan, Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu 12 November 2023.

Pada kegiatan Festival Ternak Domba-kambing dan Seni Ketangkasan Domba, keduanya nampak hadir mendampingi  Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Rudy mengatakan, festival tersebut merupakan sebuah budaya yang harus terus dilestarikan oleh masyarakat peternak.

Baca Juga : Festival Ternak Domba Kambing dan Seni Ketangkasan Domba Garut 2023

"Hari ini yang kita lihat bukan hanya seni ketangkasan domba, tapi kita sebagai orang Bogor yang masuk dalam wilayah Jawa Barat dengan mayoritas suku sunda itu jadi berkaca juga, sudah sejauh mana kita warga Bogor melestarikan budaya sunda yang ada di Kabupaten Bogor," katanya.

Rudy pun berharap festival tersebut bisa masuk ke dalam agenda rutin di wilayah Jawa Barat khususnya Kabupaten Bogor. 

"Apalagi saat ini juga masih dalan peringatan Hari Pahlawan. Mereka, para peternak juga merupakan pahlawan ketahanan pangan yang perlu kita perhatikan dan maksimalkan. Saya berharap ini bisa lebih baik lagi ke depannya," kata Rudy.

Sementara, Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan kegiatan festival tersebut adalah untuk melestarikan budaya sunda.

"Kegiatan ini saya kira multiplayer efek, yang pertama tadi kita melestarikan budaya termasuk melestarikan domba lokal yang Indonesia miliki tidak kalah dengan domba Australia atau yang lainnya. Kemudian juga kegiatan ini mix dengan UMKM. Maka kegiatan ini memang harus juga menjadi event rutin ya," kata Burhan.

ERUL