BANDUNG, CEKLISSATU - Arus kendaraan mudik Lebaran 2023 di gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, mengalami peningkatan. 

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, peningkatan arus kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cileunyi sudah terjadi sejak 15 April hingga hari ini, Selasa 18 April 2023 sore.

Pada 15 april sampai dengan pukul 24.00 WIB kendaraan yang melintas sebanyak 33.000. Sementara 16 April sebanyak 30.000, dan 17 April sampai dengan pukul 24.00 WIB itu 33.000 kendaraan yang mudik lebaran.

"Sedangkan hari ini hingga jam 18.00 WIB sudah sampai 26.000, artinya di jam 24.00 WIB nantinya ini akan menjadi angka tertinggi dibandingkan hari-hari sebelumnya," ucap Kusworo di Cileunyi.

Namun demikian, situasi arus lalu lintas saat ini masih relatif ramai lancar dan belum terjadi kepadatan. Hal itu terlihat dari antrean kendaraan yang akan masuk ke gerbang Tol Cileunyi.

"Ramai lancar, kita lihat di gate Cileunyi itu belum terjadi antrean paling maksimal itu ada di 7 sampai 8 antrean saja namun masih dalam antrean yang wajar," kata Kusworo.

Ia mengatakan telah menyiapkan skema sebagai antisipasi apabila terjadi kepadatan arus kendaraan mudik. Salah satunya dengan membuka gerbang tol lainnya yang semula 11 menjadi 12.

"Kemudian ruas jalur yang awalnya lima lajur menjadi 6 lajur, dan kami sudah siapkan mobile reader tap e-toll seandainya itu mencapai di KM 157 maka kita langsung teruskan antrean ke Tol Cisumdawu, itu pun kalau masih ada antrean panjang kami bisa belokan ke Gedebage. Seandainya itu terjadi kepadatannya di Nagreg, Cara Bertindak (CB) situasional, one way-nya mengarah ke Leles (Garut)," jelas dia.