BOGOR, CEKLISSATU - Siapa kandidat dari 14 pejabat peserta open bidding jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), yang paling berpeluang menggantikan Burhanuddin untuk duduk di kursi orang nomor tiga di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor nampaknya mulai sudah mengerucut ke beberapa nama.

Salah satu nama yang mencuat dan memiliki peluang besar untuk menjadi Sekda adalah Iwan Purnawan, yang saat ini menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor.

Tokoh masyarakat di wilayah selatan Kabupaten Bogor, Syarif Kampleng menilai Iwan Purnawan adalah sosok yang paling mumpuni untuk menjabati posisi Sekda. Hal itu dikarenakan, Iwan yang akrab disapa Iweng itu sebelumnya pernah menjabat sebagai pimpinan beberapa instansi di ruang lingkup Pemkab Bogor.

Baca Juga : Imbas Erupsi Gunung Ruang Sulawesi Utara, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

"Iwan Kurniawan kandidat calon terbaik di Sekda Kabupaten Bogor,” nilai Kampleng, Kamis (18/4/2024).

Selain pernah menjabat sebagai kepala di beberapa kedinasan, sosok Iweng, masih kata Kampleng juga merupakan pribadi yang memiliki loyalitas dan etos kerja yang cukup tinggi.

"Kursi Sekretaris Daerah harus diduduki oleh putra daerah yang memiliki loyalitas dan kapasitas untuk kemajuan Kabupaten Bogor dimasa yang akan datang,” imbuhnya. 

Selain nama Iwan Purnawan, sebenarnya ada dua nama lainnya yang berpeluang besar menjadi Sekda Kabupaten Bogor. Keduanya yaitu Asnan AP (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga) dan juga Ajat Rochmat Jatnika (Kepala Bappedalitbang) Kabupaten Bogor.

Saat ini ke-14 pejabat peserta open bidding telah lolos seleksi administrasi dan rekam jejak sehingga berhak untuk mengikuti proses selanjutnya, yaitu kegiatan Asesmen Kompetensi pada 17 April dan Penulisan Makalah pada tanggal 22 April 2024.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Rusliandy mengatakan syarat normatif calon Sekda tidak menyebutkan soal senior-yunior atau berpengalaman panjang di lingkup Pemda.

“Banyak ASN dan pejabat Pemkab Bogor yang mengharapkan figur Sekda haruslah sosok senior dan punya rekam jejak prestasi,” pungkasnya.