YOGYAKARTA, CEKLISSATU – Sempat terdampak kecelakaan KA Argo Semeru yang anjlok pada Selasa (17/10/2023), kini jalur rel Sentolo-Wates sudah bisa dilewati kereta, setelah PT KAI merampungkan proses perbaikan rel di jalur tersebut.

Kereta yang lewat di jalur itu sejak pukul 22.10 WIB pada Rabu (18/10/2023) bisa menggunakan dua jalur. Sebelumnya, hanya satu jalur saja yang bisa dilewati dengan kecepatan terbatas.

Perlu diketahui, kedua jalur kereta api ini rusak karena kecelakaan KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir di jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga : Keterlambatan Kedatangan KA menuju Jakarta Imbas Anjloknya Argo Semeru, KAI Daop 1 Minta Maaf

Terkait hal ini, Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro menuturkan, jalur Sentolo-Wates sudah bisa dilalui kereta api, namun kecepatan kereta yang dibatasi.

"Jadi mulai pukul 22.10 WIB, Rabu 18 Oktober 2023 kedua jalur KA sudah bisa dilewati untuk operasi KA, masih dengan pembatasan kecepatan," ungkapnya dalam siaran pers, seperti dikutip ceklissatu.com, Kamis (19/10/2023).

Jalur hilir antara Wates-Sentolo di Km. 519+500 sampai dengan 521+000 telah dibuka pukul 22.10 WIB.

Pada jam tersebut, kereta api sudah diizinkan untuk melewati jalur dengan kecepatan maksimal 5 kilometer per jam (km/jam).

"Jam 22.38 KA 139 Senja Utama YK, KA pertama melewati lokasi jalur hilir Wates-Sentolo kecepatan 5 km/jam, aman," terangnya.

Kemudian pada pukul 23.25 WIB di jalur yang sama, pembatasan kecepatan kereta yang semula 5 km/jam ditingkatkan menjadi 10 km/jam.

"Jam 23.38 WIB KA 55 Gajayana melewati lokasi dengan Kecepatan 8 km/jam dengan aman," tuturnya

Sementara jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates sudah steril dan dapat dilalui kereta api dengan kecepatan 40 km/jam mulai Rabu siang kemarin.

Untuk Kereta api pertama yang melewati jalur hulu tersebut yaitu KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir  pukul 11.35 WIB, Rabu (18/10/2023).

Terpisah, EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, satu jalur rel sudah bisa dilalui usai dilakukan perbaikan jalur rel dengan memperkuat tubuh jalan rel.

Perbaikan terus dilaksanakan agar jalur kedua dapat segera beroperasi kembali.

"KAI ucapkan terima kasih kepada semua stakeholders yang terlibat dalam proses normalisasi jalur rel antara Sentolo-Wates. Saat ini satu jalur rel sudah bisa dilalui dengan kecepatan terbatas," ucapnya.

Raden menyebut, pihaknya telah mempercepat proses evakuasi sarana dan perbaikan jalur rel dengan melibatkan puluhan petugasnya ketika kejadian KA Argo Semeru anjlok.