JAKARTA, CEKLISSATU - Microsoft telah secara resmi mengumumkan bahwa Windows 10 versi 22H2 menjadi update terakhir untuk sistem operasi yang telah berjalan selama satu dekade tersebut. Hal itu disampaikan melalui postingan blog resminya, sebagaimana dikutip ceklissatu.com pada 28 April 2023.

Windows 10 tetap dapat digunakan hingga tanggal akhir dukungan pada 14 Oktober 2025, pengguna tidak akan lagi mendapatkan fitur-fitur baru dan hanya akan menerima pembaruan keamanan bulanan.

Meski Microsoft memastikan bahwa Windows 10 tetap aman digunakan hingga akhir dukungan, namun PC pengguna menjadi lebih rentan terhadap risiko keamanan. Tanpa update keamanan reguler, sistem operasi tersebut akan menjadi sasaran empuk bagi para peretas yang mencari celah untuk menyerang.

Baca Juga : YouTube Music Rilis Fitur Podcast untuk Bersaing dengan Spotify

Microsoft juga mengatakan bahwa absennya fitur-fitur baru di Windows 10 akan mempengaruhi aksesibilitas pengguna pada berbagai kegiatan. Ini termasuk aplikasi dan perangkat lunak yang biasanya membutuhkan fitur-fitur terbaru untuk menjalankannya.

Karenanya, Microsoft sangat menyarankan agar pengguna segera beralih ke Windows 11. Sistem operasi ini menawarkan berbagai elemen desain baru dan fitur-fitur terbaru yang dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja PC pengguna.

Baca Juga : WhatsApp Luncurkan Fitur Satu Akun untuk Empat HP Berbeda 

Sejak peluncurannya pada Oktober 2021, Windows 11 telah tersedia untuk semua perangkat yang memenuhi syarat pada Mei 2022. Oleh karena itu, para pengguna Windows 10 harus mempertimbangkan untuk segera memperbarui sistem operasi mereka untuk memaksimalkan pengalaman dan keamanan penggunaan PC mereka.