BOGOR, CEKLISSATU - Memperingati hari raya Idul Adha 1444 H, Insan Universitas Djuanda (UNIDA) bersama dengan Yayasan Pendidikan Amaliah Djuanda menyelenggarakan kegiatan penyembelihan dan penyaluran hewan kurban. Proses penyembelihan dilaksanakan di lingkungan Kampus UNIDA pada Rabu malam tanggal 28 Juni 2023 sampai Kamis pagi tanggal 29 Juni 2023 yang kemudian langsung dilanjutkan dengan penyaluran hewan kurban kepada masyarakat, khususnya di wilayah Ciawi dan sekitarnya. 


Dr. Abdullah Baharun, S.Pt., M.Si selaku Ketua Panitia menuturkan, pada tahun ini panitia menyiapkan 3.800 paket kurban dari 21 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Hasil penyembelihan hewan qurban didistribusikan secara merata kepada masyarakat sehingga baik pengurban dan masyarakat diharapkan dapat merasakan manfaatnya secara langsung. 


“Jumlah ternak ataupun sapi yang dipotong pada tahun ini adalah sebanyak 21 ekor sapi, kemudian 8 ekor kambing. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Prof Chancellor yang mendukung penuh pelaksanaan kurban ini. Juga kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurban yang sudah mempercayakan kepada kami selaku panitia untuk menitipkan hewan kurbannya. Mudah-mudahan menjadi amal ibadah yang berlimpah dan diterima di sisi Allah SWT," tuturnya. 

Baca Juga : Idul Adha, Indocement Salurkan Ratusan Hewan Kurban untuk Masyarakat di Desa Mitra


Ditemui dilokasi penyembelihan hewan kurban, Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menyampaikan bahwa kegiatan kurban adalah sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya berbagi dan beramal shaleh.


“Alhamdulillah wasyukurillah, kita telah melewati masa puasa tarwiyah dan puasa arafah, kemudian kita mengikuti shalat idul adha di kampus kita tercinta. Pada hari ini panitia sedang bergiat untuk menyelesaikan tugas dalam rangka melayani para pengurban yang saat ini dilangsungkan,” ujar Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H.


“Dengan ini saya selaku pimpinan Yayasan dan Chancellor Universitas Djuanda menyampaikan terima kasih untuk semua partisipasi, dosen, karyawan, termasuk alumni dan mahasiswa yang memberikan qurbannya melalui kampus bertauhid Universitas Djuanda,” sambungnya.


Sementara itu, Acep Wahyudin, salah satu mustahik, mengungkapkan rasa syukur atas pembagian hewan kurban yang diterimanya.


“Alhamdulillah, terima kasih kepada Universitas Djuanda, para panitia, dan khususnya pengurban. Semoga ini menjadi amal ibadah yang tidak pernah terputus pahalanya,” ungkap warga Ciawi tersebut.