BOGOR, CEKLISSATU - Warga RT 04 RW 01, Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, telah mengubah lahan kosong milik PT KAI menjadi lahan produktif dengan membentuk Kelompok Tani Dewasa (KTD). 

Inisiatif warga ini mendapat apresiasi dari anggota DPRD Kota Bogor, Mardiyanto dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Mardiyanto mengungkapkan bahwa lahan seluas 1.500 meter tersebut sebelumnya dibiarkan terbengkalai setelah proyek strategis nasional selesai, sehingga seringkali menjadi tempat tindakan kriminal dan kejahatan lainnya. 

Baca Juga : Terancam Gagal, Bupati Desak Dewan Selesaikan Perubahan RTRW Bendungan Cibeet dan Cijurey

Namun, warga dengan inisiatif sendiri memutuskan untuk merapikan lahan ini. Meskipun secara legal masih milik PT. KAI, namun lokasinya berada di luar panel/pagar.

"Setelah musyawarah, warga RW 01 berhasil membentuk Kelompok Tani Dewasa (KTD) dan mulai merapikan lahan secara bertahap dengan gotong royong setiap minggunya," ucapnya pada Senin, 18 September 2023.

Mardiyanto juga mengapresiasi kebersamaan warga dalam memanfaatkan lahan ini, bahkan lahan tersebut kini menjadi tempat berkumpul warga.

"Harapannya warga dapat terus memanfaatkan dan mengelola lahan ini dengan baik, sehingga dapat menjaga lingkungan sekitar dan memberikan manfaat yang besar," katanya.