CIANJUR, CEKLISSATU - Jembatan sepanjang 22 meter  penghubung Kecamatan di Kampung Ciroyom, Desa Karya Bakti, Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jawa Barat roboh di terjang banjir dari luapan air sungai Ciroyom, Jumat, 17 November 2023.


Tidak ada korban jiwa saat kejadian namun akses warga terputus dan harus mencari jalan lainnya yang jarak tempuhnya dua jam.


Menurut Suaibah (34) salah seorang warga sekitar, sebelum kejadian hujan dengan intensitas tinggi terjadi dlpada Kamis (16/11/23) sore hingga malam hari. Tiba-tiba lanjut Suaibah (34) air Sungai Ciroyom meluap hingga ke pemukiman warga.

Baca Juga : Longsor di Jalan Batutulis Diduga Ada Kelalaian Pihak Kontraktor Proyek Underpass


"Waktu itu hujan deras pak dari Kamis Sore sampai malam, air sungai naik sampai sejumlah rumah disini banjir. Ternyata jembatan Cibandeng putus pak. Ini akses kami satu-satunya untuk sampai ke desa lainnya," ujarnya.


Masih kata Suaibah (34) warga saat ini terpaksa mencari jalan lain yang jarak tempuhnya memakan waktu hingga dua jam. 


"Ya biasanya jembatan ini bisa digunakan motor pak, karena paling dekat lewat sini. Kalau sekarang ya kita cari jalan lain atau kalau jalan kaki bisa lewat pinggiran sungai aja pak kalau airnya lagi surut," ungkapnya.


Sementara itu, Sunadi Kepala Desa Karya Bakti mengatakan, jembatan tersebut dibangun menggunakan dana desa sekitar empat bulan lalu dengan memakan biaya Rp. 190 juta. 


"Ya waktu kita bangun dengan anggaran dari dana desa tahun 2023 sebesar Rp 190 juta ya sekitar enam bulan lalu," akui Sunadi 
Pihak desa lanjut Sunadi rencana di tahun 2024 akan mengecor beton jembatan agar mengantisipasi terkikis air sungai.


"Padahal nanti di tahun 2024 dengan Dana Desa kita mau cor beton jembatan agar tidak roboh," imbuhnya.


Pihak desa juga saat ini sudah melaporkan putusnya jembatan ini ke BPBD Cianjur untuk segera diperbaiki. 


"Sudah kita informasikan ke BPBD Cianjur pak, agar cepat di perbaiki," pungkasnya.
Sebagai informasi jembatan ini menghubungkan Desa Karya Bakti, Kecamatan Cidaun dengan Desa Padaluyu, Kecamatan Naringgul.