BOGOR, CEKLISSATU - Ajakan memakan umbi-umbian di tengah melonjaknya harga beras yang dihembuskan Mendagri, Tito Karnavian ditanggapi positif oleh Pemkab Bogor.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor, Asep Mulyana mengatakan bahwa Pemkab Bogor mendukung ajakan tersebut.

Menurutnya, itu perlu digalakkan sebab umbi-umbian merupakan makanan yang mengandung karbohidrat seperti beras.

"Setuju banget, karena harga beras tinggi ya. Jadi sesuai yang telah disampaikan Pak Menteri bahkan Bupati, beralih ke komoditas pangan lainnya, mau singkong, selain singkong juga ada ubi jalar," kata Asep, Minggu 15 Oktober 2023.

Baca Juga : Pemkab Imbau Masyarakat Gelar Shalat Istisqa Minta Hujan di Tengah Kemarau Panjang

Asep mengklaim bahwa hal terperalihan makanan pokok beras atau nasi ke komoditas pangan lainnya sudah dilakukan di sejumlah desa di Kabupaten Bogor.

"Sudah ada beberapa desa yang memanfaatkan dana ketahanan pangan 20 persennya untuk memfasilitasi petani setempat untuk menanam sorgum," jelasnya.

Diketahui, Mendagri Tito Karnavian menyarankan masyarakat untuk beralih dari beras ke umbi-umbian seperti ubi, singkong ataupun sukun yang harganya lebih murah di tengah kondisi mahalnya harga beras.

"Itu semua enak-enak itu. Ada ubi jalar, ada sorgum, ada sukun, banyak sekali yang bisa menjadi bahan pokok," kata Tito. 

ERUL