BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, mengimbau umat muslim di daerahnya untuk melaksanakan Salat Istisqa, meminta hujan di tengah kemarau panjang yang sudah terjadi sejak Mei lalu.

"Kami dan MUI (Majelis Ulama Indonesia) sudah memberikan imbauan kepada masyarakat di desa-desa dan kecamatan untuk Salat Istisqa," ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin, Minggu 8 Oktober 2023.

Menurutnya, hal tersebut pun sudah mulai dilaksanakan oleh sebagian masyarakat di Kabupaten Bogor yang secara inisiatif menggelar  Shalat Istisqa berjamaah.

Baca Juga : Sinergitas TNI-Polri Wilayah Hukum Polsek Cileungsi Sambangi Warga dalam Rangka Ajak Jaga Harkamtibmas dan Cegah TPPO

"Yang jelas sudah ada (masyarakat) yang melaksanakan, beberapa kecamatan desa sudah ada yang melaksanakan," ungkap Burhan.

Sementara jika melihat data yang ada, dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor 37 di antaranya mengalami kekeringan sejak 3 Mei lalu.

Menurut dia, selama musim kemarau ini, BPBD Kabupaten Bogor dan beberapa institusi lain telah mendistribusikan lebih dari 3 juta liter bantuan air bersih ke masyarakat yang wilayahnya terdampak kekeringan.

ERUL