BOGOR, CEKLISSATU - Tugu Pancakarsa di Bundaran Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, kini memiliki mahkota. Dari pantauan di lapangan, mahkota tersebut nampak kecil berada di puncak tugu yang telah diresmikan Ade Yasin saat masih menjabat, di akhir tahun 2021.

Berdasarkan informasi yang didapat, mahkota yang terbuat dari kuningan dan stainless hairline cutting lasser  tersebut menelan APBD 2023 sebesar Rp487.754.800 dari pagu anggaran yang disediakan senilai Rp500.292.000.  

Mahkota itu terpasang dengan ornamen lima kujang dan logo Tegar Beriman.

Baca Juga : Minimalisir Golput, KPU Ingin Hari H Pencoblosan Seluruh Instansi Liburkan Karyawannya

Kepal Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Teuku Mulya menyebut ornamen Kujang pada Mahkota Tugu Pancakarsa memiliki tinggi hingga tiga meter. Sementara Logo Tegar Beriman berukuran 2,5 meter dengan lebar keseluruhan Mahkota seluas 160 meter. 

Dengan ukuran tersebut, Teuku menilai sudah sangat pasa dengan konstruksi bangunan Tugu Pancakarsa.

"Sebenarnya kalau secara real, naik ke atas itu besar dan bahannya stainless sehingga kalau dia terlalu besar banget itu berdampak pada struktur yang akhirnya engga bisa menopang Tugu itu, sehingga jadi masalah dalam konteks struktur," katanya kepada wartawan, Jumat 17 November 2023.

Karenanya, dia menilai Mahkota Tugu Pancakarsa yang terlihat kecil itu hanya persoalan visualisasi saja. 

Sebab nyatanya, lanjut dia, Mahkota Tugu Pancakarsa itu sudah sesuai dengan kemampuan dan kelayakan tugu.

"Kecil itu visualisasi yang terlihat kecil dari bawah ke atas saja, tapi kalau dilihat di atas, dia secara visual pas. Tapi kalau dari bawah ke atas seolah-olah kecil lambang itu," tuturnya.


ERUL