BOGOR, CEKLISSATU - Unggahan Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang mengklaim telah mampu menurunkan angka penduduk miskin di Kabupaten Bogor mendapatkan respon negatif dari warga pengguna Instagram.

Pada unggahan tersebut, Iwan membeberkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat yang menunjukan persentase jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bogor tahun 2022 mengalami penurunan tajam 0,40 persen dibanding tahun 2021.

Penurunan 0,40 persen tersebut diketahui menjadikan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bogor pada 2022 menjadi Rp474 ribu.

Baca Juga : Asik Minum Miras Saat Berjaga, Anggota Satpol PP Kabupaten Bogor Terancam Dipecat 

"Kondisi ini menempatkan Kabupaten Bogor di urutan ke-7 dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat dalam tingkat penurunan penduduk miskin," tulis Iwan

Tak hanya itu, pada unggahan itu juga, Iwan mengklaim bahwa Pemkab Bogor berhasil mengingatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) dari angka -1,77persen pada 2020 menjadi 5,85 persen di tahun 2022. 

Lalu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga naik dari 70,60 persen pada 2021 menjadi 71,20 persen pada 2022. Jumlah pengangguran juga turun dari 12,22 persen pada 2021 menjadi 10,64 persen di 2022.

"Ini tentu menjadi kabar baik, terlebih pemerintah pusat telah mencabut status pandemi menjadi endemi. Kita berharap tren positif ini terus berlanjut, ekonomi kian menggeliat," jelasnya.

"Kita perlu sinergi dan kolaborasi. Semoga Kabupaten Bogor bisa terus lebih baik lagi," sambung Iwan.

Namun, uggahan itu mendapatkan komentar dari warga pengguna Instagram. Salah satunya akun @raffisandy_.

"Apa iya pak? hahaha saya rasa jumlah kemiskinan masih banyak tuh pak? coba ke daerah pelosok Leuwiliang,Jasinga& Nambo, Cilubang masih banyak yang belum sejahtera..coba bapak pantau RTLH,BLT dan sebagainya sejauh mana di desa desa? apakah tepat sasaran? belum tentu!," cetusnya.

Tak hanya dia, akun lainnya @ikigowo juga tak percaya dengan capaian Pemkab Bogor tersebut.

"Yang turun presentasenya ya pak. Jumlahnya tetep #juara mungkin turun karena banyak perumahan baru pindah ke kab bogor kali ah. Jadi presentasenya turun," tulisnya.

ERUL