JAKARTA, CEKLISSATU - Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo meninggal dunia di usia 96 tahun pada Rabu 24 April 2024, dini hari. 

Corporate PR & Promotion Manager Mustika Ratu, Mega Angkasa mengatakan, jenazah Mooryati Soedibyo yang juga tercatat oleh MURI Empu Jamu itu akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Rencananya jenazah salah satu perempuan paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Globe Asia itu akn dimakamkan usai Dzuhur di daerah Tapos, Bogor. 

"Telah meninggal dunia dalam kedamaian Ibu DR Hj. BRA Mooryati Soedibyo pada hari Rabu jam 1.00 WIB dini hari tanggal 24 April 2024 pada usia 96 tahun," tulis pesan yang disampaikan Mega.

Baca Juga : Pasutri di Bogor Sukses Bisnis Kecantikan Secara Online

"Apabila almarhumah mempunyai kesalahan dan kekhilafan, baik tutur kata, perilaku semasa hidupnya, mohon dimaafkan dan semoga khusnul khotimah. Amin," sambung pesan tersebut.

Mooryati Soedibyo yang merupakan cucu Raja Kasunanan Surakarta Paku Buwono X, sejak kecil suka merias wajahnya maupun putri-putri keraton. 

Kemampuan itu yang membuatnya terjun ke industri kosmetik

Bisnis jamu dan kosmetik perempuan yang mendapt gelar  MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia itu dimulai dari skala rumahan pada tahun 1973, dan berhasil mendirilan Mustika Ratu pda 1975.

Selain itu, Mooryati Soedibyo yang juga merupakan penggagas dan pendiri Yayasan Putri Indonesia, pernah menjadi Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat Periode 2004-2009.