BOGOR, CEKLISSATU - Bupati Bogor Iwan Setiawan memerintahkan Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Bogor untuk proaktif, tidak hanya berdiam diri di kantor di tengah cuaca saat ini.

Menurutnya, kedua pimpinan di wilayah tersebut memiliki peran yang vital sebagai kepanjangan tangan Pemkab Bogor dalam mencegah terjadinya bencana.

"Jangan sampai desa atau kecamatan diam, ketika sudah kejadian baru ramai, kan sebetulnya bencana kita bisa evaluasi dan mitigasi secara dini," kata Iwan, Rabu 29 November 2023.

Baca Juga : Dinkes Klaim Tak Ditemukan Kasus Cacar Monyet Lain Usai Pasien di Parungpanjang Membaik

Iwan menjelaskan, pada peralihan musim saat ini, para pimpinan dan stakeholder lainnya harus bersinergi melakukan koordinasi. Terutama mereka yang memang berada di wilayah-wilayah rawan bencana.

"Bilamana hujan deras turun di satu lokasi, maka pemangku kebijakan di wilayah tersebut harus segera mensosialisasikannya kepada warga sekitar. Minta warga untuk waspada," jelasnya.

Jika itu dilakukan, Iwan meyakini bencana yang terjadi bisa diminimalisir. Terutama menghindari adanya korban jiwa karena bencana tersebut.

"Jadi harus bersinergi, harus aktif untuk memberitahukan kepada masyarakat, mensosialisasikannya untuk pencegahan," tegas Iwan.