BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor mengklaim tidak ada penularan cacar monyet di wilayah Parungpanjang usai salah satu warga di sana terpapar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, Adang Mulyana mengatakan, selama proses isolasi pasien dan identifikasi yang dilakukan di wilayah tersebut, pihaknya tidak menemukan kasus serupa terjadi.

"Di wilayah sekitar saat kami investigasi juga belum mendapatkan kasus yang mirip atau menemukan kembali (kasus serupa)," terang Adang, Rabu 29 November 2023.

Baca Juga : Pasien Cacar Monyet di Tajurhalang Diklaim Sudah Membaik

Sejauh ini, kata dia, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Apabila ditemukan kasus cacar monyet, maka akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke rumah sakit.

Sementara bila dikatakan positif maka akan ditindaklanjuti oleh puskesmas wilayah.

Adang pun merasa perlu untuk terus melakukan antisipasi penyebaran virus tersebut karena sudah ada kasus di Kabupaten Bogor.

"Tapi kita punya potensi, itu yg perlu diantisipasi, karena mobilitas di sini cukup tinggi yang bekerja dari Bogor ke Jakarta maupun daerah lain," tuturnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk meminimalisir penularan cacar monyet.

Sekedar diketahui, kasus cacar monyet di Kecamatan Parungpanjang tersebut pertama jali diketahui pada Jumat 18 November lalu.