JAKARTA, CEKLISSATU – Untuk meberikan rasa nyaman dan aman saat mudik, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menggelar ramp check dan pemeriksaan kesehatan bagi para sopir bus.

Hal itu dilakukan untuk memastikan seluruh kendaraan yang digunakan Perusahaan Otobus (PO) laik jalan.

"Persiapan sudah dimulai pekan lalu. dH-7 kita lakukan ramp check di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang," kata Kepala Dishub Kota Bandung, Dadang Darmawan di Pendopo Kota Bandung, seperti dikutip dari laman resmi Pemkot Bandung, Minggu 9 April 2023.

Pemeriksaan yang dilaksanakan yaitu berkaitan dengan sistem pengereman, penerangan, kemudi, kualitas ban, kaca tidak pecah, alat tanggap darurat.

Baca Juga : Cegah Kepadatan Sepeda Motor, Pemudik Diimbau Manfaatkan Layanan Mudik Gratis

Untuk pemeriksaan Kesehatan sopir bus, Dishub Kota Bandung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes).

"Kita kerja sama dengan Dinkes. Nanti ada tes urine. Selain kendaraannya, pengemudinya juga harus siap. Kendaraannya laik jalan dan pengemudi siap fisik dan mental," kata Dadang.

Selain pemeriksaan kendaraan dan Kesehatan sopir bus, Dishub Kota Bandung juga bakal mendirikan pos keamanan di titik lokasi yang berpotensi kepadatan kendaraan.

Di antaranya di Cicaheum, Ujungberung, Bundaran Cibiru, Simpang Samsat, Simpang Buahbatu, Dago, Ledeng, dan Tegalega.

"Mulai H-7 kordinasi bersama Dishub Jabar dan Kepolisian untuk membuat pos keamanan. Ada sekitar 9 lokasi di Kota Bandung. Kalau yang sudah biasa lokasinya seperti di Cikapayang-Dago dan Bundaran Cibiru. Pos itu hasil pemetaan titik yang diprediksi lonjakan kemacetan," tutup Dadang.