SURABAYA, CEKLISSATU - Sebuah video baru-baru ini viral karena menunjukkan anak SD asal Surabaya melakukan study tour ke Jepang.

Video ini pun sukses membuat iri warganet. Di awal videonya, akun @hendra_adityaa menunjukkan rombongan anak kecil yang berjalan bersamaan. Beberapa dari mereka terlihat mengenakan hijab dan menenteng bawaannya masing-masing.

Rombongan anak-anak ini ternyata merupakan siswa SD asal Surabaya yang sedang melakukan study tour. Tak tanggung-tanggung, kegiatan sekolah ini dilakukan di negeri sakura, Jepang.

Dalam videonya, ia menuliskan kalimat "Bocil: Aku loh piknik ke Jepang, kamu ke mana?" yang sudah diterjemahkan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia. 

Sekolah anak-anak SD ini adalah sekolah swasta. Dari tulisan di jaket seragam mereka, tertulis bahwa mereka berasal dari salah satu SD Muhammadiyah yang ada di Surabaya, Jawa Timur.

Jaket yang mereka pakai berwarna biru dengan bendera Indonesia di lengan kiri. Jaket itu juga bertuliskan Muhammadiyah 4 Elementary School Surabaya di bagian punggung. Sekolah tersebut memilih Osaka sebagai destinasi study tour mereka. Tentu saja hal ini sangat mengejutkan bagi banyak orang.

"Aslinya mereka lagi study banding ke Osaka, Jepang. Dari SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Tadi sempat ngobrol sama Pak Kepala Sekolahnya," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahannya. 

Warganet ramai memberi komentar daam unggahan tersebut, banyak yang penasaran berapa yang harus dibayarkan tiap siswa untuk bisa pergi ke Jepang. Sayangnya, pemilik akun tidak mengungkapkan biaya untuk study tour ke Jepang tersebut.

"Itu kira-kira ngabisin duit berapa jt??” tanya seorang warganet.

“Sekolah w pling mentok jateng jogja,” komentar warganet lainnya.

Sampai berita ini ditulis, unggahan karyawisata ke Jepang itu sudah dilihat lebih dari 6,8 juta kali, disukai lebih dari 717 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 16,2 ribu komentar.