JAKARTA, CEKLISSATU – Memulai hari dengan mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula bagi sebagian orang adalah hal yang wajib.

Kopi hitam tanpa gula di awal hari, mungkin bisa membuat pikirran menjadi lebih fokus, dan biasanya disebut bisa mendatangkan inspirasi.

Bagi para pencinta dan penikmatnya, kopi hitam memiliki arti yang cukup mendalam. Kopi hitam tanpa gula tak hanya sekadar minuman semata, tetapi juga mengandung filosofi yang dalam, terutama tentang kehidupan.

Berikut ceklissatu.com rangkum beberapa manfaat dari mengkonsumsi kopi hitam.

1. Diklaim membantu fungsi kognitif otak

Kafein adalah stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan fungsi kognitif seseorang. Dengan demikian, membuat Anda relatif pintar selama periode waktu tertentu.

2. Membantu daya ingat

Kafein yang terkandung dalam kopi dinilai memiliki manfaatuntuk membantu daya ingat. Kafein merupakan senyawa stimulan yang memengaruhi otak secara langsung.

Selain dapat meningkatkan kewaspadaan serta menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit diabetes, kafein juga dikaitkan dengan kemampuan menambah daya ingat manusia.

3. Kopi dapat membantu pencernaan

Minum kopi hitam di pagi hari bagi sebagian orang selain membantu untuk lebih terjaga dan berenergi, ternyata secara penelitian juga mampu merangsang pencernaan sehingga urusan BAB menjadi lebih lancar.

Hal ini ternyata diperkuat oleh sebuah penelitian jurnal bernama Scandinavian Journal of Gastroenterology yang diterbitkan pada tahun 2005, yang menyebutkan bahwa kopi mampu memancing reaksi pada usus manusia kurang lebih 30 menit setelah dikonsumsi.

Sehingga banyak orang yang merasakan reaksi ingin BAB beberapa saat setelah mengonsumsi kopi.

4. Membantu mengurangi berat badan

Bagi kamu yang sedang diet, dapat mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula. Dalam satu cangkir kopi hitam, hanya mengandung sekitar 2 kalori saja. Selain itu kopi hitam juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Membantu mencegah kanker

Manfaat kopi hitam untuk kesehatan yang tak disangka-sangka adalah dapat menurunkan risiko kanker. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel hingga kematiannya.

6. Membantu mencegah penyakit jantung

Mengkonsumsi kopi hitam pi dapat memberikan manfaat kesehatan. Penelitan pada orang yang sehat yang konsumsi 3-5 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 15%.

Kopi memiliki sejumlah senyawa bioaktif yang memiliki efek antioksidan dan dapat mengurangi stress oksidatif di tubuh.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa manfaat kesehatan dari kopi lebih besar daripada efek sampingnya pada orang yang rutin mengonsumsi kopi. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kopi bagi kesehatan dalam jangka panjang.