BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, menargetkan 1.200 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bisa diperbaiki tahun ini.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika mengatakan, pendataan ribuan RTLH tersebut dilakukan melalui masing-masing Kepala Desa. Dengan indikator meningkatkan kualitas rumah yang layak.

“Target yang dikejar perbaikan RTLH. Kita sisir dari segi bangunan dan kawasannya. Pada 2023 rencana akan kita bangun 1200 RTLH, adapun tambahannya supporting dari Pusat dan Provinsi,” kata Ajat, Minggu 29 Januari 2023.

Baca Juga : Polisi Tetapkan S Tersangka Penabrak Lari Mahasiswi Cianjur

Selain RTLH, pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban bencana alam juga menjadi target DPKPP Kabupaten Bogor di 2023.

“Sebanyak 2.500 unit rumah huntap akan kami bangun, itu tersebar di daerah Kecamatan Sukajaya, Nanggung, Cigudeg dan Sukamakmur,” ungkap Ajat.

DPKPP Kabupaten Bogor, kata dia, juga perlahan terus membangun ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Bogor, baik RTH alami maupun non alami. 

Beberapa titik di Kecamatan Cibinong, kata dia, menjadi prioritas DPKPP Kabupaten Bogor lantaran kecamatan ini merupakan wajah Kabupaten Bogor. Beberapa kegiatan di antaranya ialah revitalisasi taman olahraga, alun-alun cirimekar, jalur pedestrian Tegar Beriman dan Kandang Roda sudah baik.

“Kecamatan Jasinga, Leuwiliang, Cariu juga sudah punya taman atau alun-alun. Kecamatan Rumpin dan Tenjolaya kita rencana bangun di tahun 2023 ini. Kami juga butuh mata tajam dari masyarakat untuk membantu mengkritisi,” ujarnya. 


ERUL